Pipa Rokok Unik dari Nyi Roro Kidul, Sudah Berumur Ratusan Tahun

Pipa Rokok Unik dari Nyi Roro Kidul, Sudah Berumur Ratusan Tahun Sartono saat menikmati sebatang rokok dengan sambungan pipa yang diklaim dari Nyi Roro Kidul. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Euforia pipa masih terus berlangsung di . Masih banyak dari para pe, baik tua maupun muda yang menggunakan pipa. Selain dinilai ada citra rasa beda, kebanyakan dari mereka mengaku lebih tampil beda dengan menggunakan sambungan pipa.

Seperti halnya Sartono, salah seorang penggemar pipa di . Sudah berpuluh tahun, kakek 70 tahun ini tak lepas dari pipa saat menghisap sebatang . Bahkan ia memiliki beragam koleksi pipa . Baik yang terbuat dari gading, kayu, serta bebatuan. Tak lama ini, Sartono malah menemukan sebuah pipa sangat langka yang terbuat dari kayu. Bentuknya menyerupai saksofon atau terompet.

"Kayu ini sangat langka, bahkan umurnya mungkin sudah berabad-abad," terang Sartono seraya menghisap nya dengan sambungan pipa, Sabtu (22/6).

Menurut pensiunan ASN Pemkab ini, pipa tersebut terbentuk secara alam. "Saya hanya menambah sambungan pendek agar mudah untuk menghisap. Tapi batang dan moncongnya terbentuk dari alam, menyerupai terompet," jelasnya.

Pipa tersebut diakuinya didapat dari seorang sahabat yang suka pergi ke pesisir pantai untuk menjala. "Pipa langka ini didapat di Pantai Pancer Door. Awalnya terapung di laut, lantas menepi ke pantai. Bisa jadi ini pemberian dari Kanjeng Nyai Roro Kidul," ceritanya. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO