Selasa, 20 Agustus 2019 13:15

Stabilkan Harga Kebutuhan Sembako, Disperindag Nganjuk Gelar Operasi Pasar

Rabu, 29 Mei 2019 10:39 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Stabilkan Harga Kebutuhan Sembako, Disperindag Nganjuk Gelar Operasi Pasar
Warga Nganjuk antre untuk mendapatkan paket sembako murah.

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Untuk mengantisipasi agar harga kebutuhan sembako masyarakat tetap stabil, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk mengadakan Operasi Pasar selama enam hari di 6 Kecamatan.

Seperti yang digelar di pasar Sawahan Kecamatan Sawahan, Rabu (29/5). Pantauan di lokasi, terjadi antrean panjang warga yang hendak membeli sembako murah. Kepala Disperindag Heny Rochtanti mengatakan, operasi pasar ini dibuka setiap hari di dua tempat, selama tiga hari. Tujuannya, agar harga-harga sembako di wilayah pasar tersebut harga bisa stabil.

"Saya pilih tempat operasi pasar tersebut merupakan hasil pantauan, ada beberapa harga yang mulai terlihat naik," kata Heny kepada Bangsaonline.com, Rabu (29/5).

Lebih lanjut, Heny mengatakan operasi pasar itu digelar karena ada sinyalir akan terjadi kelonjakan harga. Oleh karena itu, operasi pasar dilakukan untuk menetralkan harga. Langkah yang sering dilakukan ini memang lumayan efektif. "Pada operasi pasar, selisih harga yang saya keluarkan antara Rp 2000 sampai Rp 4000," jelasnya.

Menurutnya, harga komoditi yang rawan terjadi kenaikan jelang lebaran seperti telur, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, bawang merah, dan bawang putih.

"Maka perlu pengawasan agar harga tetap stabil. Enam tempat yang menjadi target yang akan menjadi sasaran operasi pasar yaitu, pasar Pace, Lengkong, Sawahan, Gondang, Ngeronggot, dan Pasar Bagor," paparnya.

Sementara salah satu warga yang ikut dalam antrean, Emilia menuturkan, dirinya merasa terbantu dengan adanya operasi pasar yang digelar Disperindag. 

"Jika ada operasi saya pilih di sini karena harganya murah," kata Emilia. Menurutnya, meski hanya selisih sedikit dengan harga di pasar, masyarakat tetap memilih harga yang dijual saat operasi pasar. (bam/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...