Minggu, 20 Oktober 2019 19:29

Stabilkan Harga Kebutuhan Sembako, Disperindag Nganjuk Gelar Operasi Pasar

Rabu, 29 Mei 2019 10:39 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Stabilkan Harga Kebutuhan Sembako, Disperindag Nganjuk Gelar Operasi Pasar
Warga Nganjuk antre untuk mendapatkan paket sembako murah.

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Untuk mengantisipasi agar harga kebutuhan sembako masyarakat tetap stabil, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk mengadakan Operasi Pasar selama enam hari di 6 Kecamatan.

Seperti yang digelar di pasar Sawahan Kecamatan Sawahan, Rabu (29/5). Pantauan di lokasi, terjadi antrean panjang warga yang hendak membeli sembako murah. Kepala Disperindag Heny Rochtanti mengatakan, operasi pasar ini dibuka setiap hari di dua tempat, selama tiga hari. Tujuannya, agar harga-harga sembako di wilayah pasar tersebut harga bisa stabil.

"Saya pilih tempat operasi pasar tersebut merupakan hasil pantauan, ada beberapa harga yang mulai terlihat naik," kata Heny kepada Bangsaonline.com, Rabu (29/5).

Lebih lanjut, Heny mengatakan operasi pasar itu digelar karena ada sinyalir akan terjadi kelonjakan harga. Oleh karena itu, operasi pasar dilakukan untuk menetralkan harga. Langkah yang sering dilakukan ini memang lumayan efektif. "Pada operasi pasar, selisih harga yang saya keluarkan antara Rp 2000 sampai Rp 4000," jelasnya.

Menurutnya, harga komoditi yang rawan terjadi kenaikan jelang lebaran seperti telur, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, bawang merah, dan bawang putih.

"Maka perlu pengawasan agar harga tetap stabil. Enam tempat yang menjadi target yang akan menjadi sasaran operasi pasar yaitu, pasar Pace, Lengkong, Sawahan, Gondang, Ngeronggot, dan Pasar Bagor," paparnya.

Sementara salah satu warga yang ikut dalam antrean, Emilia menuturkan, dirinya merasa terbantu dengan adanya operasi pasar yang digelar Disperindag. 

"Jika ada operasi saya pilih di sini karena harganya murah," kata Emilia. Menurutnya, meski hanya selisih sedikit dengan harga di pasar, masyarakat tetap memilih harga yang dijual saat operasi pasar. (bam/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...