Stabilkan Harga Kebutuhan Sembako, Disperindag Nganjuk Gelar Operasi Pasar

Stabilkan Harga Kebutuhan Sembako, Disperindag Nganjuk Gelar Operasi Pasar Warga Nganjuk antre untuk mendapatkan paket sembako murah.

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Untuk mengantisipasi agar harga kebutuhan sembako masyarakat tetap stabil, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk mengadakan Operasi Pasar selama enam hari di 6 Kecamatan.

Seperti yang digelar di pasar Sawahan Kecamatan Sawahan, Rabu (29/5). Pantauan di lokasi, terjadi antrean panjang warga yang hendak membeli sembako murah. Kepala Disperindag Heny Rochtanti mengatakan, operasi pasar ini dibuka setiap hari di dua tempat, selama tiga hari. Tujuannya, agar harga-harga sembako di wilayah pasar tersebut harga bisa stabil.

"Saya pilih tempat operasi pasar tersebut merupakan hasil pantauan, ada beberapa harga yang mulai terlihat naik," kata Heny kepada Bangsaonline.com, Rabu (29/5).

Lebih lanjut, Heny mengatakan operasi pasar itu digelar karena ada sinyalir akan terjadi kelonjakan harga. Oleh karena itu, operasi pasar dilakukan untuk menetralkan harga. Langkah yang sering dilakukan ini memang lumayan efektif. "Pada operasi pasar, selisih harga yang saya keluarkan antara Rp 2000 sampai Rp 4000," jelasnya.

Menurutnya, harga komoditi yang rawan terjadi kenaikan jelang lebaran seperti telur, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, bawang merah, dan bawang putih.

"Maka perlu pengawasan agar harga tetap stabil. Enam tempat yang menjadi target yang akan menjadi sasaran operasi pasar yaitu, pasar Pace, Lengkong, Sawahan, Gondang, Ngeronggot, dan Pasar Bagor," paparnya.

Sementara salah satu warga yang ikut dalam antrean, Emilia menuturkan, dirinya merasa terbantu dengan adanya operasi pasar yang digelar Disperindag. 

"Jika ada operasi saya pilih di sini karena harganya murah," kata Emilia. Menurutnya, meski hanya selisih sedikit dengan harga di pasar, masyarakat tetap memilih harga yang dijual saat operasi pasar. (bam/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Reses II, Anggota DPRD Jatim Ida Bagus Nugroho Serap Aspirasi Warga Desa Jaan, Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO