Senin, 03 Agustus 2020 21:51

Stabilkan Harga Kebutuhan Sembako, Disperindag Nganjuk Gelar Operasi Pasar

Rabu, 29 Mei 2019 10:39 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Stabilkan Harga Kebutuhan Sembako, Disperindag Nganjuk Gelar Operasi Pasar
Warga Nganjuk antre untuk mendapatkan paket sembako murah.

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Untuk mengantisipasi agar harga kebutuhan sembako masyarakat tetap stabil, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk mengadakan Operasi Pasar selama enam hari di 6 Kecamatan.

Seperti yang digelar di pasar Sawahan Kecamatan Sawahan, Rabu (29/5). Pantauan di lokasi, terjadi antrean panjang warga yang hendak membeli sembako murah. Kepala Disperindag Heny Rochtanti mengatakan, operasi pasar ini dibuka setiap hari di dua tempat, selama tiga hari. Tujuannya, agar harga-harga sembako di wilayah pasar tersebut harga bisa stabil.

"Saya pilih tempat operasi pasar tersebut merupakan hasil pantauan, ada beberapa harga yang mulai terlihat naik," kata Heny kepada Bangsaonline.com, Rabu (29/5).

Lebih lanjut, Heny mengatakan operasi pasar itu digelar karena ada sinyalir akan terjadi kelonjakan harga. Oleh karena itu, operasi pasar dilakukan untuk menetralkan harga. Langkah yang sering dilakukan ini memang lumayan efektif. "Pada operasi pasar, selisih harga yang saya keluarkan antara Rp 2000 sampai Rp 4000," jelasnya.

Menurutnya, harga komoditi yang rawan terjadi kenaikan jelang lebaran seperti telur, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, bawang merah, dan bawang putih.

"Maka perlu pengawasan agar harga tetap stabil. Enam tempat yang menjadi target yang akan menjadi sasaran operasi pasar yaitu, pasar Pace, Lengkong, Sawahan, Gondang, Ngeronggot, dan Pasar Bagor," paparnya.

Sementara salah satu warga yang ikut dalam antrean, Emilia menuturkan, dirinya merasa terbantu dengan adanya operasi pasar yang digelar Disperindag. 

"Jika ada operasi saya pilih di sini karena harganya murah," kata Emilia. Menurutnya, meski hanya selisih sedikit dengan harga di pasar, masyarakat tetap memilih harga yang dijual saat operasi pasar. (bam/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...