Selasa, 14 Juli 2020 17:11

Anggota DPR RI Sidak Pasar Wage Nganjuk Jelang Ramadhan

Kamis, 11 Mei 2017 14:59 WIB
Wartawan: Bambang DJ
Anggota DPR RI Sidak Pasar Wage Nganjuk Jelang Ramadhan
Aggota DPR RI Surya Alam saat berbincang langsung dengan salah satu pedagang di Pasar Wage, Nganjuk. foto: BAMBANG DJ/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dari Komisi IV, Surya Alam melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Pasar Wage, Kamis (11/05). Sidak ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung kondisi harga jelang masuknya bulan Ramadhan dari para pedagang yang ada di Pasar Wage, yang merupakan sentra pasar di Kota Nganjuk.

“Saya ingin mendengar dari pedagang maupun pembeli, agar harga barang kebutuhan jelang Ramadhan tetap stabil,” kata Surya Alam kepada Bangsaonline.com.

Dijelaskannya, kunjungan atau sidak yang dilakukan merupakan rangkaian kerja di Komisi IV. Sidak ini digelar lantaran saat ini sudah mulai ada indikasi untuk mempermainkan harga.

"Walaupun hal ini otoritas dari pemerintah daerah, tapi kita selaku wakil rakyat juga ikut bertanggungjawab dalam kesetabilan harga. Saat ini saja sudah mulai ada temuan beberapa harga yang sudah mulai merangkak naik walaupun tidak sampai melambung tinggi. Saya anggap harga di pasar ini masih stabil. Supaya tetap stabil, perlu terus dilakukan pengawasan hingga lebaran nanti," ungkapnya.

Menurutnya, sidak sangat penting dilakukan untuk menjaga kestabilan harga berbagai komoditi menjelang bulan Ramadhan, terutama sembilan bahan pokok alias sembako.

"Itu harus dilakukan, ajak juga Balai POM saat sidak untuk mengecek barang-barang dan komoditi yang dijajakan di pasar. Masyarakat sebagai konsumen harus dijaga, jangan sampai menjadi korban", tegasnya.

Ia mengungkapkan, hasil dari sidak, harga kebutuhan seperti sayur mayur, daging sapi, ayam dan telur, cukup bervariasi, dari yang termurah hingga termahal. Ia mengatakan adanya perbedaan harga ini masih dalam taraf wajar sesuai hukum pasar tentang penawaran dan permintaan, serta perubahan musim.

Yang tidak wajar adalah kenaikan harga menjelang hari-hari besar seperti bulan Ramadhan dan Idul Fitri, yang biasanya disebabkan oleh permainan tengkulak dan lainnya. "Hal inilah yang harus terus dilakukan pengawasan. Setidaknya permainan harga di pasar moderen maupun tradisional tidak sampai terjadi, terutama melonjaknya harga. Hal itu cepat diketahui dari mana asal barang yang di perjualbelikan itu masuk," jlentrehnya.

“Sosialisasi ini menurut hemat saya, bisa memutus mata rantai para spekulan yang ingin mempermainkan harga jelang puasa dan lebaran nanti,” imbuhnya.

Sidak pasar ini nantinya tidak hanya di Pasar Wage tapi akan dilakukan di beberapa pasar. Sebab ada beberapa pasar besar yang ada di Kabupaten Nganjuk perlunya pengawasan. Seperti di Pasar Berbek, Tanjunganom, Sukomoro, Kertosono, dan beberapa pasar tradisional lainnya. (bam/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...