Waspada, Ini Titik Keramaian dan Titik Rawan di Jember Saat Mudik Lebaran

Waspada, Ini Titik Keramaian dan Titik Rawan di Jember Saat Mudik Lebaran Salah satu titik rawan kemacetan di Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jember mulai mengidentifikasi titik rawan kemacaten menjelang Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah. Selain titik rawan kemacetan, Polres Jember juga mengidentifikasi titik rawan bencana, titik rawan lakalantas, dan juga titik keramaian mall dan pasar.

“Untuk titik rawan bencana ada di wilayah Gumitir, karena topografinya kalau hujan licin, dan rawan longsor, maka pengendara kendaraan harus lebih hati-hati,” kata Kasatlantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Senin pagi (27/5).

Dengan jaraknya kurang lebih 7 kilometer di jalur gunung tersebut, dan dengan ada sekitar 65 belokan, kata Edwin, pengendara harus tetap fokus di jalan. “Jika lelah untuk menepi, dan cek kondisi kendaraan. Karena jika sampai mogok di tengah jalan, tentu nantinya juga akan menimbulkan kemacetan, sehingga harus lebih hati-hati,” tuturnya.

Kemudian untuk titik rawan laka lantas, ada beberapa titik yang selalu menjadi pemantauan Satlantas. “Titik rawan itu ada di Bangsalsari, di mana pada tahun 2018 lalu ada 18 laka dan menyebabkan meninggal dunia. Untuk tahun ini menurun dan semoga menurun. Bahkan terakhir kemarin, hanya 1 laka di sana. Memang menurun, tetapi masih kami terus pantau,” ungkapnya.

Sementara untuk titik rawan laka lain, lanjut Edwin, juga ada. Namun ia belum menyebutkan, karena masih akan dilakukan kajian lebih lanjut. “Aktivitas masyarakat menjadi antisipasi dan yang sebelumnya rawan laka sekarang kita pantau rawan laka,” katanya.

Sementara itu, untuk tingkat keramaian terkait pusat perbelanjaan dan pasar, Satlantas Polres Jember juga menempatkan personel di beberapa titik rawan tersebut. Kemudian petugas tersebut juga mengurai kemacetan agar tidak terlalu panjang. “Sehingga menyebabkan sejumlah ruas jalan seperti di Jalan Hayam Wuruk, Jalan Trunojoyo, Jalan Gajah Mada macet. Terlebih lagi disekitaran Pasar Tanjung, Pasar Mangli, juga rawan macet,” katanya.

Oleh karena itu, Kasatlantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan taat akan peraturan lalu lintas. “Karena ruas jalan yang macet ini, akan mengganggu, dan pengendara kendaraan kami himbau untuk hati-hati. Untuk kelengkapan berkendara juga harus dilengkapi,” katanya.

Upaya antisipasi, lanjut Edwin, juga dilakukan pemantauan yang dilakukan Pos Pam di beberapa titik. “Seperti di jalur Gumitir, posnya ada di bawah, dan Café Gumitir. Namun demikian karena keterbatasan personel, kami himbau masyarakat untuk ikut menjaga ketertiban dengan sadar berlalu lintas yang baik di jalan,” tandasnya. (jbr1/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO