Pemkab Bojonegoro-Tuban Teken MoU Pembangunan Jembatan Kanor-Rengel, 2020 Mulai Dibangun

Pemkab Bojonegoro-Tuban Teken MoU Pembangunan Jembatan Kanor-Rengel, 2020 Mulai Dibangun Penandatanganan MoU Pemkab Bojonegoro dan Tuban yang disaksikan Gubernur Jawa Timur. foto: ekky nurhadi/BANGSAONLINE.com

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Bupati Bojonegoro Anna Muawwanah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein terkait rencana pembangunan jembatan penghubung Kabupaten Bojonegoro dengan Kabupaten Tuban.

MoU yang juga ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tersebut dilakukan di Desa Pesen, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (24/5/19) siang.

Jembatan penghubung dua kabupaten tersebut rencananya akan mulai dibangun pada 2020. Titik jembatan di wilayah Bojonegoro tepatnya di Desa Semambung, Kecamatan Kanor. Sedangkan titik jembatan di wilayah Tuban berada di Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel.

Gubernur Khofifah mendorong pembangunan jembatan yang akan dibangun di atas Sungai Bengawan Solo tersebut. Kata dia, pembangunan jembatan itu sangat positif.

"Partnership antar kedua daerah sangat bagus, nantinya bisa menjadi konektivitas dan efesiesi yang tinggi. Kami harapkan bisa segera diwujudkan supaya masyarakat bisa tersuport koneksitasnya. Karena kalau koneksitas tersambung nilai ekonomi akan tumbuh, layanan kesehatan, pendidikan, keagamaan lebih cepat lebih mudah dan efisien," kata Khofifah usai menandatangani MoU.

Bupati Bojonegoro Anna Muawwanah mengatakan, rencana pembangunan jembatan itu sebetulnya sudah lama, namun saat ini sudah disinkronkan antara Kabupaten Tuban serta Pemprov Jatim.

"Hari ini sudah melakukan MoU, jadi kami segera menyusun DED-nya (Detail Engineering Design) serta FS-nya (Feasibility Study). Kami sudah mengalokasikan anggaran. Tuban juga saya kira sudah," ujar Bupati Anna.

Pihaknya juga sudah menyiapkan anggaran pembebasan lahan untuk tapak jembatan di Desa Semambung. "Sedangkan untuk perencanaan anggaran pembangunannya kami akan lakukan di P-APBD 2019 ini. Pembangunan jembatan Bojonegoro Tuban ini sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat, baik dari Kecamatan Kanor maupun Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban," katanya.

Sementara itu Wabup Tuban Noor Nahar Hussein mengungkapkan, rencana sharing pembangunan jembatan ini sudah lama, namun tiga bulan lalu telah direvitalisasi lagi oleh Bupati Bojonegoro, sehingga pihaknya akan menyiapkan lahan untuk tapak jembatan.

"Ya, tentu kami sangat mendukung sekali, karena nanti akan mempercepat akses ekonomi adanya jembatan ini," ungkapnya. (nur/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Percobaan Bunuh Diri di Kaliketek Bojonegoro Berhasil Digagalkan Warga':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO