Jumat, 23 Agustus 2019 06:14

Larisnya Warung Lodeh Kikil 'Gus Dur' di Jombang, Kerap Dikunjungi Artis, Pejabat, hingga Budayawan

Kamis, 23 Mei 2019 16:30 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Larisnya Warung Lodeh Kikil
Warung Lodeh Kikil 'Gus Dur' yang Terletak di jalan Hasyim Asy’ari tak pernah sepi pengunjung. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menikmati sayur Lodeh mungkin sudah biasa bagi kebanyakan orang. Akan tetapi, apa jadinya jika sayur Lodeh tersebut dikombinasikan atau diolah menjadi satu dengan Kikil?

Ya, di Jombang, Jawa Timur, sebuah warung menyajikan menu Lodeh Kikil kaki sapi dengan sebutan Lodeh Kikil Gus Dur. Asal muasalnya, yakni julukan dari para santri karena warung tersebut langganan dari almarhum Gus Dur, Presiden RI keempat.

(Pemilik menunjukkan foto sejumlah tokoh yang pernah makan di warungnya)

Bukan hanya Gus Dur dan masyarakat, warung Lodeh Kikil ini juga disukai kalangan artis kenamaan seperti Ahmad Dhani, Charlie Van Houten, hingga budayawan Emha Ainun Najib pun menyukainya.

Terletak di jalan Hasyim Asy’ari, warung Lodeh Kikil Gus Dur ini milik Siti Qoirumlah yang kini diteruskan oleh sang anak Siti Munazilah. Anda bisa mampir jika berada di kota santri.

Warung sederhana bercat merah ini hampir tak pernah sepi dari pembeli sejak dibuka pukul setengah lima sore. Pengunjung bisa menikmati Lodeh Kikil tersebut di tempat, maupun dibungkus untuk dibawa pulang. Namun, bagi sebagian pengunjung lebih memilih dimakan di tempat karena suasananya yang nyaman.

Warung yang sudah berdiri sejak puluhan tahun silam ini juga kerap didatangi politikus seperti Eko Patrio dan Helmy Faisal.

Adapun proses memasak Lodeh Kikil ini memakan waktu cukup lama. Bumbu rahasia yang sebagian berisikan bawang merah, bawang putih, hingga cabai yang sudah digiling halus dengan bumbu lainnya direbus selama beberapa jam. Sementara agar kikil terasa empuk, perebusan dilakukan hampir enam jam lamanya.

Sebagai pelengkap menu Lodeh Kikil, pengnjung juga bisa memilih lauk tambahan berupa daging hingga babat yang sudah digoreng. Sejumlah pengunjung yang baru datang ke warung Lodeh Kikil Gus Dur ini mengaku menikmatinya karena rasanya yang beda dari kikil pada umumnya. Tak jarang pula, pengunjung yang sudah datang hingga tiga kali selalu ketagihan.

Sementara itu, pemilik warung yang merupakan generasi ketiga Lodeh Kikil Gus Dur ini mengaku keunikan dari masakan tersebut dari rasanya yang gurih. Sedangkan perpaduan kikil dengan sayur lodeh tersebut untuk menambah rasa yang menyatu antara kikil dan sayuran.

Ide awal membuat Lodeh Kikil ini sudah dari turun temurun sejak tahun 1995-an, hingga kini sudah memasuki generasi ketiga. Sedangkan sebutan Lodeh Kikil Gus Dur tersebut adalah julukan dari para santri Ponpes Tebuireng, bahwa lodeh kikil tersebut adalah makanan kesukaan almarhum.

Untuk masalah harga, anda tak perlu khawatir karena cukup terjangkau sehingga tak menguras kantong anda. (ony/rev)

(Almarhum Gus Dur bersama pemilik warung Lodeh Kikil)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...