Senin, 18 November 2019 03:55

Aksi Sweeping People Power di Stasiun Jember Bikin WNA Kebingungan

Minggu, 19 Mei 2019 14:15 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Aksi Sweeping People Power di Stasiun Jember Bikin WNA Kebingungan
Proses pengecekan barang bawaan yang dilakukan oleh petugas.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Antisipasi pemberangkatan massa ke Jakarta guna mengikuti aksi People Power pada 22 Mei mendatang, terus dilakukan Polres Jember. Setelah Sabtu (18/5) malam melakukan sweeping di Terminal Jember, kini aparat gabungan TNI - Polri melanjutkan sweeping di Stasiun Jember, Minggu siang (19/5).

Seluruh penumpang dilakukan pengecekan identitas, termasuk bawaannya. Baik yang akan masuk ke dalam ruang tunggu stasiun, maupun yang sudah ada di dalam gerbong kereta api. 

Kegiatan tersebut sempat membuat penumpang kaget, karena banyak personel bersenjata. Termasuk sejumlah warga negara asing (WNA) calon penumpang kereta api merasa bingung dengan apa yang dilakukan aparat. Mereka bertanya-tanya, kenapa barang bawaannya diperiksa, dan banyak media yang mengambil gambar terkait aksi sweeping tersebut.

"Ada apa ini? Mengapa banyak polisi? Juga mengapa barang bawaan penumpang diperiksa?," ujar salah seorang WNA asal Inggris Edward kepada salah satu wartawan dengan menggunakan bahasa asing.

Edward bahkan juga memprotes wartawan yang mencoba mengambil gambar dirinya saat diperiksa . "Tolong jangan ambil gambar saya! Kenapa sampai banyak orang begini?," sambungnya.

Hal yang sama juga disampaikan Wati, salah seorang WNA asal Singapur. Dirinya terkejut karena tiba-tiba banyak polisi dan tentara di stasiun, kemudian melakukan pemeriksaan. "Awak (saya, red) tadi sempat ditanya identitas, saya pun jawab, WNA Singapura. Datang ke Jember karena om meninggal," katanya.

Namun para penumpang itu akhirnya merasa tenang setelah diberi tahu bahwa kegiatan tersebut hanya sweeping biasa untuk mengantisipasi adanya pergerakan massa menjelang aksi people power 22 Mei mendatang. "Oalah karena masalah politik. Ya awak berharap Indonesia aman. Karena yang diinginkan kedamaian dan tenteram, tak sampai ricuh atau ramai-ramai aksi," tambah Wati.

Sementara Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menyampaikan, sweeping tersebut sebagai langkah antisipasi, sekaligus imbauan kepada masyarakat agar tidak ikut-ikutan ke Jakarta terkait aksi 22 Mei People Power.

"Di kota asal saja, menjaga kedamaian, dan menyerahkan persoalan (Pemilu, red) jika ada protes melalui langkah konstitusi yang sudah diatur dalam perundang-undangan," katanya sambil didampingi Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kami (dengan adanya sweeping), dan dari turisnya tadi menerima dengan baik. Untuk giat ini akan terus dilakukan selama dibutuhkan, sampai aksi 22 Mei mungkin," pungkasnya. (yud/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Minggu, 17 November 2019 01:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...