Bupati, Wabup, dan Sekda Gresik Santuni Ribuan Anak Yatim

Bupati, Wabup, dan Sekda Gresik Santuni Ribuan Anak Yatim Sekda Andhy Hendro Wijaya saat menyerahkan santunan kepada yatim.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama Wakil Bupati Moh. Qosim, Sekda Andhy Hendro Wijaya, serta Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik Abdul Munif menyerahkan santunan kepada ribuan anak yatim piatu di masjid Al Innabah, Rabu (15/5) petang.

Total ada 1.167 anak yatim piatu yang mendapatkan santunan secara serentak dengan besaran bervariasi, mulai dari Rp 150 ribu-Rp 200 ribu. Rinciannya 765 santunan yatim, 231 santunan dhuafa, 24 orang petugas kebersihan, 25 loper koran, 15 anak berkebutuhan khusus, dan 107 penghafal Alqur’an (huffadz).

Santunan serupa juga diberikan di 3 lokasi secara bersamaan, masing-masing wilayah Gresik Utara di Pendopo Kecamatan Bungah sebanyak 225 orang, wilayah Gresik Selatan di pendopo Kecamatan kedamean sebanyak 180 orang, serta di wilayah Pulau Bawean di Pendopo Kecamatan Sangkapura sebanyak 100 orang. 

Wabup menyatakan, Ramadan adalah bulan berkah dan milik semua orang. Semua orang harus berbahagia termasuk para yatim dan fakir miskin. "Kita semua ini adalah sama, miskin dan kaya, yang berpangkat dan masyarakat. Termasuk mereka yang kini hidup tanpa orang tua, si anak yatim dan yatim piatu. Yang penting kita kompak saling menjaga persatuan," ujar wabup.

Menurut ia, banyak orang berhasil menguasai negeri ini maupun luar negeri, yang pada masa kecilnya adalah yatim. "Rasulullah Muhammad SAW nabi besar kita adalah yatim piatu. Bahkan Bupati kita Bapak Sambari Halim Radianto ini juga yatim," terangnya.

Sementara Abdul Munif didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Sutrisno menyatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar tiap bulan Ramadan. "Beberapa program andalan Baznas Gresik yaitu, Gresik Cerdas, Gresik Sehat, Gresik Peduli, Gresik Berdaya dan Gresik Taqwa. Selain itu, Baznas Gresik juga memberikan apresiasi berupa santunan bulanan kepada para penghafal Al-Qur’an di Gresik," katanya.

Untuk kegiatan kali ini, Baznas dibantu oleh beberapa kelompok pengumpul Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) dari beberapa perusahaan. Di antaranya dari PT Petrokimia Gresik, dari SKK Migas Jabalnusa dan beberapa kelompok perusahaan yang hadir diwakili oleh Nur Wahidin. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO