Ramadhan, Pedagang Buah Blewah Raup Untung Banyak

Ramadhan, Pedagang Buah Blewah Raup Untung Banyak Salah satu warga tengah membeli buah blewah di Pasar Tradisional Tanjung, Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com – Bulan Ramadhan mendatangkan berkah tersendiri bagi pedagang buah garbis atau blewah. Pasalnya, para pedagang meraup untung banyak karena banyak masyarakat yang berburu buat blewah untuk dijadikan minuman buka puasa.

Banyak masyarakat yang mencari buah blewah tampak terlihat di tempat penjual buah Pasar Tradisional Tanjung, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. “Saat puasa gini, banyak yang membeli mas. Karena rasanya segar dan cocok untuk diminum saat berbuka puasa,” kata Sunar, salah satu pedagang buah blewah saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (12/5).

Bahkan karena banyanya peminat, kata Sunar, sejak pagi hingga sore hari hampir setiap hari pembeli datang ke kios buahnya untuk membeli buah tersebut. “Kalau katanya pembeli yang pernah saya tanyai, kenapa memilih buah blewah, karena enak dan segar, dan pas untuk berbuka. Makanya hampir setiap hari membeli,” katanya.

“Per kilogramnya dijual Rp 10 ribu. Biasanya per hari bisa laku minimal 10 buah. Jadi bisa dapat Rp 100 ribu per hari, masih kotor itu. Tapi bisa lebih dari itu,” sambungnya.

Menurutnya, es blewah bisa lebih segar jika dikombinasikan dengan cincau hitam serta sirup. “Wah cocok banget, makanya buah ini banyak diburu pembeli,” sambungnya.

Lebih jauh Sunar menyampaikan, buah lain yang menjadi buruan pembeli adalah semangka, melon, dan apel, yang memang menjadi kombinasi untuk membuat es buah.

Sementara itu, salah satu pembeli buah blewah Hari Lutfi menyampaikan, ada alasan tersendiri dirinya dan keluarga memilih buah blewah tersebut untuk suguhan berbuka puasa. “Selain buahnya yang segar, juga ada manfaat lain, yakni untuk kesehatan,” kata bapak dua anak ini.

Menurutnya, berbuka puasa dengan menikmati es buah blewah dapat membuat suhu badan kembali normal, serta perut menjadi dingin dan segar. “Blewah juga memiliki kandungan yang sehat untuk tubuh, untuk melindungi kesehatan mata, memperkuat sistem kekebalan tubuh, baik untuk kulit, baik untuk kesehatan jantung, dan juga baik untuk penderita diabetes,” ungkapnya. (jbr1/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO