Hotel Pesonna Gresik Launching Menu Nasi Santri

Hotel Pesonna Gresik Launching Menu Nasi Santri GM Hotel Pesonna Gresik Joko S Widiyanto diapit dua chef menunjukkan menu baru Nasi Santri. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Hotel Pesonna Gresik melaunching menu baru "Nasi Santri" sebagai salah satu menu andalan dalam menyambut datangnya bulan Suci Ramadan 1440 H/2019, Selasa (30/4).

Executive Corporate Chef Hotel Pesonna Daulay menyebut menu Nasi Santri ini diinisiasi dengan Kota Gresik yang dikenal dengan kota santri. "Budaya santri itu kalau masak nasi dibuat liwet, kemudian lauk pauk ikan asin digoreng. Nah, minyak bekas gorengan lalu disiramkan di nasinya. Sementara bumbu sambalnya seperti cabe, bawang merah, dibungkus dengan daun pisang lalu diletakkan di atas masi," ungkapnya.

Namun, pembuatan Nasi Santri di Hotel Pesonna ini beda dengan masakan ala santri. "Nasi Santri ini kami campur dengan ikan pedho. Sajian kuliner ini diracik khusus dengan perpaduan olahan masakan khas Jawa Timur dan Sunda," katanya.

Dijelaskan ia, Nasi Santri nantinya akan menjadi maskot di Hotel Pesonna Gresik, meski pihak manajemen hotel menyadari saat ini sudah mulai banyak bermunculan nasi santri di sejumlah kedai atau resto. "Namanya bisa sama, tapi rasa dan kekhasan nasi santri ala Hotel Pesonna jelas beda. Kita berencana akan mendaftarkan hak paten untuk menu andalan kami," ujarnya.

Paket Nasi Santri ini memiliki komposisi satu mangkok nasi, ikan, dan ayam goreng yang disiram sambal dabu-dabu. Ada pula ikan asin khas sunda, otak-otak bandeng, dan olahan sayuran yang disajikan dalam wadah yang berbeda-beda.

"Nasi Santri ini sengaja kita launching menjelang Ramadan. Nantinya akan kita sajikan serempak di 9 cabang Hotel Pesonna se-Indonesia. Dan saya rasa, menu ini sangat cocok ditawarkan di Gresik karena terkenal sebagai Kota Santri," ujar General Manager (GM) Hotel Pesonna Gresik Joko S Widiyanto.

Untuk sajian Nasi Santri ini, lanjut Joko, pelanggan cukup membayar Rp 60 ribu per porsi. Yang mana, paket menu baru ini bisa dinikmati oleh 2 hingga 3 orang.

Di sisi lain, Chief Executive Officer PT. Megah Tritunggal Mulia Dr. Bambang Hermanto GHB menyatakan bahwa nasi santri ini semakin menambah kelengkapan kuliner Hotel Pesonna yang saat ini telah resmi mendapatkan sertifikat hotel bintang tiga setelah diverifikasi.

Ia mengungkapkan, Hotel Pesonna lolos audit hotel bintang tiga dengan skor 578. "Padahal, audit dengan skor tinggi 520 sudah lolos, tapi pesona 578 skor. Saya berharap prestasi ini dipertahankan oleh manajemen," tukasnya.

Menurutnya, untuk mendapatkan sertifikat bintang tiga ada tiga kriteria penilaian. "Pertama, produk seperti kondisi kamar, restoran, kamar mandi, areal parkir dan sejenisnya. Kedua, pelayanan seperti bagaimana pegawai hotel melayani tamu hotel saat datang menginap (check in) sampai keluar (check out). Dan, yang ketiga manajemennya seperti apa," jelasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO