Diduga Ada Amplop Soal UASBN Sudah Robek Sebelum Ujian Dimulai, Ini Penjelasan Kadindik Pamekasan

Diduga Ada Amplop Soal UASBN Sudah Robek Sebelum Ujian Dimulai, Ini Penjelasan Kadindik Pamekasan Amplop soal UASBN yang diduga robek sebelum ujian dimulai.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Amplop soal Ujian Akhir Sekolah Basis Nasional (UASBN) di beberapa SDN Kabupaten Pamekasan diduga ditemukan sudah terbuka sebelum ujian dimulai. Amplop itu tidak terbuka di bagian atas, melainkan di bagian bawah amplop. Sedangkan yang atas tetap tersegel.

Temuan itu terjadi, salah satunya di sekolah dasar di wilayah Kecamatan Kota Pamekasan.

Menurut narasumber yang tidak ingin namanya disebutkan, ada amplop pembungkus soal ujian nasional yang diduga sudah terbuka. "Amplop sudah robek di bagian bawahnya, namun di atas masih tersegel," ungkap sumber tersebut seraya meminta agar namanya tak dipublikasikan.

Sementara saat dikonfirmasi terkait dugaan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan Moh. Tarsun mengaku baru mengetahui informasi tersebut. "Ini info dari siapa, kepala sekolah yang mana?," ujarnya saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (23/4).

Tarsun menegaskan akan memberikan sanksi terhadap oknum yang membocorkan amplop UASBN, apabila memang peristiwa tersebut benar adanya. "Ini masalah nasional, jangan main-main, akan saya beri sanksi karena ini tanggung jawab kepala sekolah," tegasnya.

Untuk memastikannya, Tarsun meminta waktu untuk melakukan kroscek. "Tunggu dulu, kita akan koordinasikan masalah ini," ujarnya sambil menutup teleponnya.

Saat ditelepon kembali, Moh. Tarsun menegaskan bahwa kabar terkait temuan amplop soal UASBN yang sudah terbuka tersebut tidak benar.

"Seluruh kepala sekolah siap menyatakan tidak ada temuan amplop yang sudah terbuka sebelum ujian," kilah Tarsun.

Bahkan dirinya mengaku siap mengumpulkan Kepala SDN se-Kecamatan Kota untuk dikonfirmasi. "Kalau masih tidak percaya seluruh kepala sekolah siap dipertemukan, bahwasanya itu amplop dibuka setelah akan dibagikan terhadap siswa," tuturnya.

Dari informasi yang dihimpun, dalam berita acara UASBN yang ditulis oleh pengawas ruang tersebut, memang dinyatakan jika amplop sudah terbuka. (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO