Perang Calon Legislator di Kota Proklamator: PKB Tambah 1 Kursi, Gerindra Berkurang 1 Kursi

Perang Calon Legislator di Kota Proklamator: PKB Tambah 1 Kursi, Gerindra Berkurang 1 Kursi Rekap suara hasil pemilu di Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Komposisi DPRD Kota Blitar periode 2019-2024 dipastikan bakal berubah. Hal ini dilihat dari perolehan suara sementara Pileg 2019 berdasarkan perhitungan internal partai politik.

Misalnya saja kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPRD Kota Blitar diperkirakan bakal bertambah satu kursi pada Pileg 2019. Wakil Ketua Tanfidziyah DPC PKB Kota Blitar, Totok Sugiarto mengatakan, tambahan satu kursi PKB itu untuk daerah pemilihan Kecamatan Sukorejo. Padahal sebelumnya PKB hanya mendapatkan satu kursi untuk Dapil Sukorejo. Sedangkan dua kursi PKB yang lainnya masing-masing tetap di Dapil Kecamatan Kepanjenkidul, dan Dapil Kecamatan Sananwetan.

"Sebelumnya kami hanya mendapat tiga kursi. Pileg 2019 ini ada tambahan satu kursi. Perkiraan kami (PKB) dapat empat kursi," ungkap Totok Sugiarto, Selasa (23/4/2019).

"Rekap internal di Dapil Sukorejo, PKB dapat 4.989 suara. Jika dikonversi perolehan kursi memang jadi dua kursi," imbuhnya.

Berbanding terbalik dengan PKB, kursi Partai Gerindra di DPRD Kota Blitar diprediksi justru akan berkurang satu. Hal ini dibenarkan Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPC Partai Gerindra Kota Blitar, Yohan Tri Waluyo. Dari hasil rekap internal, jumlah kursi Partai Gerindra di DPRD Kota Blitar yang sebelumnya tiga kursi, kini tinggal dua kursi.

Tiga kursi Partai Gerindra sebelumnya yaitu dua kursi dari Dapil Sukorejo, dan satu kursi dari Dapil Kepanjenkidul. Pada Pileg 2019 ini, Partai Gerindra hanya dapat dua kursi dari Dapil Sukorejo saja. Sedangkan satu kursi dari Dapil Kepanjenkidul hilang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO