Senin, 22 Juli 2019 09:37

Perang Calon Legislator di Kota Proklamator: PKB Tambah 1 Kursi, Gerindra Berkurang 1 Kursi

Selasa, 23 April 2019 17:35 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Perang Calon Legislator di Kota Proklamator: PKB Tambah 1 Kursi, Gerindra Berkurang 1 Kursi
Rekap suara hasil pemilu di Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Komposisi DPRD Kota Blitar periode 2019-2024 dipastikan bakal berubah. Hal ini dilihat dari perolehan suara sementara Pileg 2019 berdasarkan perhitungan internal partai politik.

Misalnya saja kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPRD Kota Blitar diperkirakan bakal bertambah satu kursi pada Pileg 2019. Wakil Ketua Tanfidziyah DPC PKB Kota Blitar, Totok Sugiarto mengatakan, tambahan satu kursi PKB itu untuk daerah pemilihan Kecamatan Sukorejo. Padahal sebelumnya PKB hanya mendapatkan satu kursi untuk Dapil Sukorejo. Sedangkan dua kursi PKB yang lainnya masing-masing tetap di Dapil Kecamatan Kepanjenkidul, dan Dapil Kecamatan Sananwetan.

"Sebelumnya kami hanya mendapat tiga kursi. Pileg 2019 ini ada tambahan satu kursi. Perkiraan kami (PKB) dapat empat kursi," ungkap Totok Sugiarto, Selasa (23/4/2019).

"Rekap internal di Dapil Sukorejo, PKB dapat 4.989 suara. Jika dikonversi perolehan kursi memang jadi dua kursi," imbuhnya.

Berbanding terbalik dengan PKB, kursi Partai Gerindra di DPRD Kota Blitar diprediksi justru akan berkurang satu. Hal ini dibenarkan Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPC Partai Gerindra Kota Blitar, Yohan Tri Waluyo. Dari hasil rekap internal, jumlah kursi Partai Gerindra di DPRD Kota Blitar yang sebelumnya tiga kursi, kini tinggal dua kursi.

Tiga kursi Partai Gerindra sebelumnya yaitu dua kursi dari Dapil Sukorejo, dan satu kursi dari Dapil Kepanjenkidul. Pada Pileg 2019 ini, Partai Gerindra hanya dapat dua kursi dari Dapil Sukorejo saja. Sedangkan satu kursi dari Dapil Kepanjenkidul hilang.

"Kalau Dapil Sananwetan sebelumnya memang tidak dapat kursi," ujar Yohan.

Partai dengan jumlah kursi terbanyak tetap diperoleh PDIP, dengan 10 kursi. Sementara PPP dan Partai Demokrat perolehan kursinya tetap.

Berdasarkan hasil rekap internal PPP Kota Blitar pada Pileg 2019 ini, jumlah kursi PPP di DPRD Kota Blitar tetap tiga kursi. Sedangkan untuk Partai Demokrat juga tetap memperoleh dua kursi.

Jika prediksi perolehan kursi ini sesuai dengan hasil rekap suara KPU Kota Blitar, unsur pimpinan DPRD Kota Blitar akan berubah.

Periode sebelumnya, unsur pimpinan DPRD berasal dari PDIP, PKB, dan Partai Gerindra. Tapi, untuk periode ini, unsur pimpinan akan diisi dari PDIP, PKB, dan PPP. (ina/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...