Kamis, 14 November 2019 17:55

Perang Calon Legislator di Kota Proklamator: PKB Tambah 1 Kursi, Gerindra Berkurang 1 Kursi

Selasa, 23 April 2019 17:35 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Perang Calon Legislator di Kota Proklamator: PKB Tambah 1 Kursi, Gerindra Berkurang 1 Kursi
Rekap suara hasil pemilu di Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Komposisi DPRD Kota Blitar periode 2019-2024 dipastikan bakal berubah. Hal ini dilihat dari perolehan suara sementara Pileg 2019 berdasarkan perhitungan internal partai politik.

Misalnya saja kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPRD Kota Blitar diperkirakan bakal bertambah satu kursi pada Pileg 2019. Wakil Ketua Tanfidziyah DPC PKB Kota Blitar, Totok Sugiarto mengatakan, tambahan satu kursi PKB itu untuk daerah pemilihan Kecamatan Sukorejo. Padahal sebelumnya PKB hanya mendapatkan satu kursi untuk Dapil Sukorejo. Sedangkan dua kursi PKB yang lainnya masing-masing tetap di Dapil Kecamatan Kepanjenkidul, dan Dapil Kecamatan Sananwetan.

"Sebelumnya kami hanya mendapat tiga kursi. Pileg 2019 ini ada tambahan satu kursi. Perkiraan kami (PKB) dapat empat kursi," ungkap Totok Sugiarto, Selasa (23/4/2019).

"Rekap internal di Dapil Sukorejo, PKB dapat 4.989 suara. Jika dikonversi perolehan kursi memang jadi dua kursi," imbuhnya.

Berbanding terbalik dengan PKB, kursi Partai Gerindra di DPRD Kota Blitar diprediksi justru akan berkurang satu. Hal ini dibenarkan Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPC Partai Gerindra Kota Blitar, Yohan Tri Waluyo. Dari hasil rekap internal, jumlah kursi Partai Gerindra di DPRD Kota Blitar yang sebelumnya tiga kursi, kini tinggal dua kursi.

Tiga kursi Partai Gerindra sebelumnya yaitu dua kursi dari Dapil Sukorejo, dan satu kursi dari Dapil Kepanjenkidul. Pada Pileg 2019 ini, Partai Gerindra hanya dapat dua kursi dari Dapil Sukorejo saja. Sedangkan satu kursi dari Dapil Kepanjenkidul hilang.

"Kalau Dapil Sananwetan sebelumnya memang tidak dapat kursi," ujar Yohan.

Partai dengan jumlah kursi terbanyak tetap diperoleh PDIP, dengan 10 kursi. Sementara PPP dan Partai Demokrat perolehan kursinya tetap.

Berdasarkan hasil rekap internal PPP Kota Blitar pada Pileg 2019 ini, jumlah kursi PPP di DPRD Kota Blitar tetap tiga kursi. Sedangkan untuk Partai Demokrat juga tetap memperoleh dua kursi.

Jika prediksi perolehan kursi ini sesuai dengan hasil rekap suara KPU Kota Blitar, unsur pimpinan DPRD Kota Blitar akan berubah.

Periode sebelumnya, unsur pimpinan DPRD berasal dari PDIP, PKB, dan Partai Gerindra. Tapi, untuk periode ini, unsur pimpinan akan diisi dari PDIP, PKB, dan PPP. (ina/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...