Jumat, 19 Juli 2019 16:44

Bawaslu Trenggalek Gandeng Satpol PP dan Polres Tertibkan APK yang Masih Terpasang

Senin, 15 April 2019 12:19 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Herman Subagyo
Bawaslu Trenggalek Gandeng Satpol PP dan Polres Tertibkan APK yang Masih Terpasang
Satpol PP saat melakukan Penertiban APK di jalan Ki Mangun Sarkoro, Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Memasuki hari tenang yang diberlakukan oleh KPU sejak tanggal 14 hingga 16 April 2019, Alat Peraga Kampanye (APK) tidak boleh terpasang. Namun faktanya, masih saja terdapat puluhan APK yang terpasang di kawasan kota Trenggalek.

Menyikapi hal tersebut, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Trenggalek bekerja sama dengan Satpol PP dan jajaran Kepolisian Resort Trenggalek menggelar penertiban APK. Penertiban APK ini dimulai dari kantor Bawaslu untuk selanjutnya melakukan penyisiran ke berbagai tempat di wilayah kecamatan Trenggalek dan kecamatan lainnya.

Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Trenggalek Farid Wajdi S.H menyampaikan bahwa sebelum dilakukan penindakan terhadap APK, pihaknya beberapa waktu yang lalu telah berkirim surat pada seluruh jajaran partai politik dan panwas tingkat kecamatan untuk melakukan penindakan terhadap APK yang masih terpasang ketika memasuki masa tenang.

"Sebelumnya kami sudah menyampaikan pada seluruh jajaran partai politik yang ada di kabupaten Trenggalek, termasuk menyampaikan juga pada panwas tingkat kecamatan untuk melakukan penindakan atau penertiban terhadap APK yang masih terpasang ketika memasuki masa tenang seperti sekarang ini," kata Farid saat turut serta di lapangan mendampingi jajarannya menertibkan APK, Senin (15/4).

Farid juga menambahkan, berdasarkan pasal 34 ayat (8) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 33 tahun 2018 tentang perubahan kedua atau Peraturan KPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye Pemilihan Umum, bahwa Alat Peraga Kampanye Harus diturunkan atau diserahkan oleh peserta pemilu paling lambat 1 (satu) hari sebelum pemungutan suara.

Sementara itu, Kasi Trantib Satpol PP Trenggalek Wasito mengatakan, penertiban ini dilakukan karena sebelumnya pihak Satpol PP telah menerima surat dari Bawaslu tentang upaya penertiban daripada APK yang masih terpasang.

"Jadi sebelumnya Bawaslu berkirim surat pada kami. Intinya mengajak kami untuk melakukan penertiban terhadap APK yang masih terpasang," ungkap Wasito.

Dikatakan oleh Wasito, seluruh APK yang telah ditertibkan ini, nantinya akan diserahkan ke kantor Bawaslu Trenggalek. Peran Satpol PP sendiri hanya sebatas membantu melakukan pencopotan terhadap APK yang masih terpasang. (man/dur)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...