Bapemas Pacitan: Desa Harus Ikut Andil Pengentasan Kemiskinan

Bapemas Pacitan: Desa Harus Ikut Andil Pengentasan Kemiskinan Sanyoto, Kepala Bapemas dan Pemdes Pacitan. Foto: YUNIARDI SUTONDO/BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Desa dengan segala potensi yang dimiliki, diharapkan bisa menjadi ujung tombak dalam upaya pengentasan kemiskinan. 

"Dengan sumber daya yang dimiliki, pemerintah desa diharapkan bisa ikut andil dalam pengentasan kemiskinan. Sehingga problematika tersebut tak hanya dilakukan pemerintah pusat ataupun daerah. Namun dengan kemandirian desa, diharapkan bisa menjadi pelopor dan ujung tombak menyelesaikan persoalan kemiskinan," kata Kepala Bapemas dan Pemdes Pacitan Sanyoto, Rabu (10/4).

Menurut pejabat jebolan STPDN ini, desa harus bisa meningkatkan daya saingnya dengan segenap komponen sumber daya yang dimilikinya. Bukan hanya persoalan pembangunan, akan tetapi pemberdayaan masyarakat juga utama. 

"Kalau satu desa bisa mengatasi satu sampai dengan tiga warga miskin, tinggal mengalikan saja jumlah desa yang ada. Akan ketemu jumlah besar penduduk miskin yang bisa terentaskan oleh campur tangan desa," jelas Sanyoto.

Selain itu, pemerintahan di level desa juga lebih memahami terkait karakteristik masyarakatnya. "Dengan begitu akan lebih mudah mengentaskan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan taraf perekonomian masyarakat," tukasnya. (yun/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO