Wali Kota Malang dan Sejumlah Pejabat Pemkot Kembali Diperiksa KPK Soal Suap

Wali Kota Malang dan Sejumlah Pejabat Pemkot Kembali Diperiksa KPK Soal Suap Mantan anggota DPRD Kota Malang Subur Triyono saat memenuhi undangan pemeriksaan KPK, di Mapolres Malang Kota, Selasa (09/04). foto: IWAN/ BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji kembali diperiksa oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) RI untuk kesekian kalinya, di Mapolres Malang Kota, Selasa (09/04). Pemeriksaan Sutiaji terkait kasus dugaan suap APBD-P Kota Malang tahun 2015.

Selain memeriksa Wali Kota Malang Sutiaji, KPK juga memeriksa Sekretaris Kota Malang Wasto. Tampak juga Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto, Sekretaris BPBD Kota Malang Tri Oki Rudianto P, mantan Kabid Bina Marga DPUPR Kota Malang Teddy S, dan mantan Bendahara DPUPR Kota Malang Retno Indirani.

Selain itu, dua mantan anggota DPRD Kota Malang yakni Subur dan Tutuk Hariani juga diperiksa lembaga antirasuah tersebut.

Saat diwawancarai wartawan, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan dirinya diberikan tiga pertanyaan. Materi pertanyaannya pun masih tetap sama dengan pemeriksaan sebelumnya. "Mencakup uang pokir, sampah, dan uang fee satu persen," tuturnya.

Pertanyaan yang dilontarkan KPK, jika diakumulasi selama menjalani pemeriksaan hingga saat ini ada enam pertanyaan. "Kedatangan saya kurang lebih ada empat kali diundang KPK," jelasnya.

"Terkait nantinya dipanggil kembali atau tidak, itu menjadi kewenangan KPK. Saya kembali diperiksa oleh KPK terkait ketersangkaan mantan Sekkota Malang Cipto Wiyono," bebernya.

Beberapa pejabat yang turut diperiksa oleh KPK enggan memberikan keterangannya. Berdasarkan pemantauan di lokasi Mapolres Malang Kota, pemeriksaan KPK berlangsung dari pukul 10.00. Hingga berita ini ditulis, pemeriksaan belum usai.

Sebagian saksi yang dipanggil KPK ada yang sudah meninggalkan tempat seperti Wali Kota Malang Sutiaji, Sekdin Pendidikan Totok Kasianto, Teddy S, dan Retno Indriani mantan Bendahara DPUPR Kota Malang. (iwa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO