​Wali Kota Mojokerto Buka Musrenbang RPJMD 2018-2023

​Wali Kota Mojokerto Buka Musrenbang RPJMD 2018-2023 Wali Kota Mojokerto Buka Musrenbang RPJMD Kota Mojokerto Tahun 2018-2023.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Senin (25/3), membuka acara Musyawarah Perencanan Pembangunan (Musrenbang) di Hall Ayola Sunrise Hotel Mojokerto. Pada saat ini tengah berlangsung dua Musrenbang, yaitu Musrenbang RPJMD Kota Mojokerto 2018-2023 dan Musrenbang RKPD Kota Mojokerto 2020.

Pembukaan Musrenbang dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto, Ketua Komisi DPRD Kota Mojokerto, Sekdakot Mojokerto serta kepala Bappeda Kabupaten Mojokerto, Jombang, dan Sidoarjo.

Dalam laporannya Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Mojokerto Ruby Hartoyo menerangkan bahwa Musrenbang RPJMD Kota Mojokerto 2018-2023 adalah sebagai forum musyawarah antarpemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati rancangan RPJMD Kota Mojokerto 2018-2023. 

"Dengan tujuan untuk mendapatkan masukan dan komitmen para pemangku kepentingan pembangunan daerah serta sebagai bahan penyempurnaan rancangan RPJMD menjadi rancangan akhir RPJMD," terangnya.

Masih dalam laporannya, Ruby menyampaikan Musrenbang RKPD Kota Mojokerto 2020 adalah untuk menyinkronkan rencana program dan kegiatan pembangunan dari masyarakat dengan perencanaan yang dikaitkan dengan kebijakan pemerintah.

“Adapun tujuan Musrenbang RKPD Kota Mojokerto 2020 adalah untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kota Mojokerto dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Jawa Timur dan nasional, mengklasifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemerintah Kota Mojokerto pada Musrenbang di tingkat kelurahan maupun di tingkat kecamatan,” tuturnya.

Lebih lanjut Ruby menjelaskan, proses penyusunan RPJMD telah melalui 4 tahapan yaitu, forum konsultasi publik RPJMD, pembahasan dan penyepakatan rancangan awal RPJMD 2018-2023 dengan DPRD Kota Mojokerto, mengadakan konsultasi ranwal yang telah disepakati dewan dan diajukan konsultasi ke provinsi Jatim. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO