Dituntut Selebritis Hollywood, Google Hapus Puluhan Ribu Gambar Bugil

Google akhirnya memberi tanggapan atas tuntutan sejumlah selebritas Hollywood yang diwakili pengacara Martin Singer terkait dengan beredarnya foto bugil para selebritas itu di Internet. Tanggapan itu disampaikan manajemen Google melalui tulisan di New York Post baru-baru ini. "Kami telah menghapus puluhan ribu gambar beberapa jam setelah ada permintaan untuk menghapus gambar tersebut," demikian ditulis manajemen Google, seperti dilansir Femalefirst, Sabtu, 4 Oktober 2014.

Namun sejauh ini belum diketahui apakah tanggapan itu bisa mematahkan tudingan Martin Singer terhadap Google.

Sebelumnya diberitakan, Martin Singer melayangkan surat kepada Google dan menuntut perusahaan teknologi terbesar itu membayar US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun. Tuntutan itu diajukan atas permintaan Jennifer Lawrence, Rihanna, Kim Kardashian, dan puluhan selebritas lainnya. Para selebritas itu menilai Google telah menyebarkan foto bugil mereka tanpa izin.

"Korban kasus ini adalah selebritas Hollywood yang punya hak publisitas berharga. Namun Google tidak melakukan apa-apa, tidak menghapus foto yang tersebar, dan malah memanfaatkan kasus ini untuk mendapatkan iklan. Ini adalah perilaku tidak etis yang dilakukan secara terang-terangan," ujar Singer.

Dalam surat yang ditujukan kepada pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page, serta petinggi lainnya, Singer menuduh perusahaan teknologi raksasa itu tidak bersikap cepat dan bertanggung jawab dalam penghapusan berita. Meski sudah tidak ada di Google, foto-foto tersebut beberapa kali terpajang di Blogspot dan YouTube.

Sumber: tempo.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO