Peduli Lingkungan, Bupati Ipong Deklarasikan Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik

Peduli Lingkungan, Bupati Ipong Deklarasikan Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Bupati Ipong saat meninjau gas metan hasil produksi sampah.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ponorogo menyelenggarakan apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Ipong Muchlissoni. Apel ini bertempat di TPA Mrican, Kecamatan Jenangan, Rabu (13/3).

Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala DLH drh. Sapto Djatmiko, jajaran TNI-Polri, Pelajar tingkat SMP dan SMA, serta pasukan kebersihan warga setempat.

Dalam sambutannya, Sapto Djatmiko berharap apel ini dapat memperkuat komitmen masyarakat dalam pedulian terhadap kelestarian lingkungan. Caranya, dengan menanggulangi sampah dan mewujudkan gerakan kebersihan dan keindahan menuju kota Adipura.

Dalam menangani dan penanggulangan sampah plastik, DLH Kabupaten Ponorogo berupaya agar sampah organik maupun nonorganik bisa didaur ulang lagi untuk dimanfaatkan menjadi gas metan, menjadi produk bio gas. Saat ini, pemanfaatan limbah sampah menjadi bio gas sudah mulai dilakukan dan gas yang dihasilkan tersalurkan kepada 25 rumah tangga.

"Pemerintah akan terus berusaha untuk melakukan pengurangan sampah organik maupun non-organik. Salah satunya yang bisa kita lihat adalah dengan mengurangi pemakaian kantung plastik saat berbelanja," terang Ipong saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut, Ipong menjelaskan bahwa pengelolaan sampah di Ponorogo terus dilakukan dengan budaya 3M. "Hal itu bertujuan untuk menanggulangi sampah supaya nantinya bisa tercipta lingkungan bersih dan sehat, agar kualitas masyarakatnya yang bagus," pungkas Ipong (nov/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO