Sosialisasi Pilkades di Tuban, Calon Boleh dari Luar Wilayah

Sosialisasi Pilkades di Tuban, Calon Boleh dari Luar Wilayah Pemerintah Kecamatan Senori beserta Pemdes Jatisari saat memberikan paparan terkait Pilkades Serentak.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kecamatan Senori Kabupaten Tuban beserta Pemdes Jatisari melaksanakan sosialisasi tahapan Pilkades serentak 2019 di balai desa setempat, Selasa (12/3).

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Forkopimcam Senori beserta tokoh masyarakat dan elemen desa seperti BPD, PKK, RT/RW dan warga setempat.

Ketua Pilkades Jatisari, Muhajar Salim menjelaskan, tahapan Pilkades akan dimulai dengan pendaftaran yang dibuka mulai 26 Maret - hingga 9 April. "Saat ini tahapannya baru penyusunan daftar pemilih," ujarnya.

Sementara Camat Senori, Sudarto, menjelaskan bahwa pendaftaran cakades tidak dipungut biaya alias gratis. Adapun syarat untuk menjadi Cakades, yakni siapapun bisa mencalonkan diri asalkan Warga Negara Indonesia (WNI), baik dari desa setempat maupun luar desa.

Namun, terdapat teknis aturan baru yang harus disosialisasikan ke masyarakat desa. Seperti, Pilkades minimal harus diikuti 2 orang pendaftar sebagai cakades, dan maksimal 5 orang Cakades. Selain itu, nantinya kepala desa harus memanfaatkan konten lokal dari hasil tanah hak kelola (bengkok) untuk pengentasan fakir miskin.

"Aturan ini sudah tertuang dalam perbup nomor 20 tahun 2018 di ketentuan lain-lain," tuturnya.

Kapolsek Senori AKP Musa Bachtiar yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengimbau kepada warga agar mengedepankan komunikasi dan koordinasi. "Jangan sampai momen Pilkades dimanfaatkan oleh pihak pihak tertentu karena pilkades rentan dibuat perpecahan," pesannya.

Dikonfirmasi terpisah terkait hal ini, Kasi Peningkatan Kapasitas dan Lembaga Pemerintahan Desa Dispemas KB Tuban, Suhut menjelaskan, bahwa pelaksanaan Pilkades Serentak 2019 pada 10 Juli mendatang akan diikuti 273 desa dari total 328 desa se-Kabupaten Tuban. (ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO