Sabtu, 17 Agustus 2019 23:05

Lantik 273 Kades, Bupati Tuban Tekankan Pengentasan Kemiskinan

Rabu, 14 Agustus 2019 20:10 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Lantik 273 Kades, Bupati Tuban Tekankan Pengentasan Kemiskinan
Bupati Tuban H. Fathul Huda memimpin pelantikan 273 Kepala Desa.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Desa (Kades) harus bisa mengelola dan memanfaatkan dana desa untuk menciptakan program-program yang berdampak pada penurunan angka kemiskinan.

Penekanan ini disampaikan Bupati Tuban H. Fathul Huda saat melantik dan memberikan SK kepada 273 Kepala Desa (Kades) periode masa bakti 2019-2025 di Pendopo Krido Manunggal, Rabu (14/8). Pelantikan itu disaksikan jajaran Forkompimda, Wabup Tuban Noor Nahar Hussein, Ketua TP PKK Tuban, Kepala BNNK Tuban, Sekretaris Daerah, pimpinan OPD, dan Camat se-Kabupaten Tuban.

"Kades bersama Pemdes harus memberi perhatian khusus pengentasan kemiskinan masyarakat. Harus kompak, karena kades bersama perangkat desa menjadi ujung tombak pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tuban," tutur Bupati Huda dalam sambutannya.

Menurut Huda, salah satu tugas penting kades yang perlu segera dilakukan adalah melakukan validasi data-data penting. Di antaranya, data masyarakat miskin, kesehatan, pendidikan maupun bantuan sosial lainnya. Hal ini penting untuk merumuskan program jangka panjang pengentasan kemiskinan.

"Kami minta kades memiliki inovasi dan terobosan di berbagai bidang. Potensi desa harus mampu dimaksimalkan dan dioptimalkan," pesannya.

Dalam kesempatan itu, Huda juga meminta para kades mengoptimalkan sektor perdagangan. "Perlu adanya penguatan BUMDes dengan bekerja sama dengan investor yang ada. Sehingga, dapat meningkatkan jumlah pendapatan desa yang berasal dari bidang pariwisata maupun potensi lainnya. Pemkab Tuban akan membantu memfasilitasi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat," imbuh.

Terakhir, orang nomor satu di Kabupaten Tuban ini menginstruksikan agar Kades menjalankan tugasnya sesuai aturan dan regulasi yang berlaku. "Jangan sampai ada kesalahan karena kurang memahami peraturan yang ada," imbaunya.

"Kami sampaikan selamat kepada seluruh Kades dilantik. Semoga menjadi abdi masyarakat amanah dan menjalankan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya," pungkasnya. (ahm/gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...