Bencana Longsor Labrak Dinding Rumah Warga di Tulakan Pacitan

Bencana Longsor Labrak Dinding Rumah Warga di Tulakan Pacitan Kondisi rumah korban usai dihantam longsor.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bencana alam tanah longsor yang terjadi di Pacitan, terus meluas. Bukan hanya di Kecamatan Bandar, namun di Kecamatan Tulakan. Peristiwa itu tepatnya terjadi di Dusun Krajan, Desa Ngumbul.

Kejadian tanah longsor kali ini dialami Suyanto, warga RT 03/RW 01, Dusun Krajan, Desa Ngumbul, Kecamatan Tulakan. Akibat diterjang material tanah dan bebatuan, dinding dapur rumah milik korban jebol.

"Sekira pukul 09.15 WIB, Rabu (6/3) tanah di belakang rumah korban tiba-tiba bergerak sedikit demi sedikit. Mengetahui kejadian tersebut, penghuni rumah menyelamatkan diri," ujar Danramil Tulakan, Kapten (arh) Agus Wahyono, Rabu (6/3).

Lima belas menit berselang, tebing yang berada di atas rumah Suyanto dengan tinggi 10 meter dan lebar 5 meter tiba-tiba longsor menimpa dinding rumah dapur hingga jebol. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor tersebut. Akan tetapi kerugian materiil ditaksir senilai Rp 10 juta lebih.

"Babinsa, babhinkamtibmas dan warga masyarakat melaksanakan kerja bakti membersihkan material longsor. Dari pihak Kecamatan Tulakan memberikan bantuan guna meringankan beban keluarga yang mengalami musibah," tandasnya.

Menurut Kapten Agus, bahwa kejadian longsor tersebut diakibatkan tanah mengalami keretakan dan kontur tanah yang labil akibat diguyur hujan sehari sebelumnya.

Masyarakat diminta selalu waspada terhadap kemungkinan bencana tanah longsor susulan, mengingat banyak rumah yang keberadaanya di bawah tebing. Selain itu curah hujan masih berlangsung cukup tinggi. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO