Tepis Stigma Negatif, Jurnalis Harus Sajikan Berita Berimbang dan Solutif

Tepis Stigma Negatif, Jurnalis Harus Sajikan Berita Berimbang dan Solutif Ketua PWI Pamekasan, Abdul Azis.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan Abd Aziz meminta agar semua pengurus dan anggota organisasi profesi wartawan mampu menyalurkan energi positif kepada khalayak melalui pemberitaan di medianya masing-masing.

"PWI harus menjadi penyalur energi positif kepada khalayak dengan membangun optimisme dan mendorong kemajuan dalam banyak hal, dan ini sejalan dengan kode etik jurnalis, yakni niat dan itikad baik harus menjadi pondasi ideologis dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik di lapangan," ujar Aziz, Sabtu (23/2/19).

Ia meminta, agar insan pers mempertahankan kepercayaan publik pada media massa. Sebab, saat ini, masyarakat masih lebih percaya pada informasi media massa dibandingkan media sosial (medsos). Kepercayaan itu harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan, sehingga peran insan pers akan dirasa sangat penting dan berguna.

Stigma yang berkembang di sebagian masyarakat, bahwa jurnalis hanya cenderung mencari kesalahan orang lain, dengan hanya meliput kejadian-kejadian yang bernilai negatif. Untuk itu, ia meminta kepada para jurnalis bisa menepis stigma tersebut, dengan mengarahkan pemberitaan ke hal-hal yang positif demi membangun optimisme publik.

"Tapi, bukan berarti kita harus meninggalkan peran kontrol kita. Peran kontrol harus tetap dilakukan. Berita yang mengkritik tidak dilarang, akan tetapi harus berimbang dan solutif. Berimbang dan solutif ini yang saya sebut bertanggung jawab. Tidak hanya menyajikan berita bernuansa kritik, akan tetapi juga menyampai solusi dalam berita yang kita tulis," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Pamekasan juga mengingatkan kembali tentang komitmen masyarakat pers untuk mendukung kemajuan ekonomi kerakyatan di era digital, sebagaimana telah menjadi tema Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang digelar di Surabaya pada pada 6 hingga 9 Februari 2019.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO