Viral ​Pengurusan SIM Kolektif, Begini Penjelasan Kasatlantas Polresta Sidoarjo

Viral ​Pengurusan SIM Kolektif, Begini Penjelasan Kasatlantas Polresta Sidoarjo Kasatlantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar (kiri).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dua Minggu belakangan banyak beredar informasi adanya pengurusan SIM (Surat Izin Mengemudi) kolektif di Satlantas . Kabar itu beredar masif di berbagai sosial media. Termasuk grup WhatsApp, Facebook, dan sejumlah media sosial.

Pertama yang beredar adalah informasi pengurusan SIM kolektif tanpa tes yang digelar di GOR Sidoarjo pada 16 Februari 2019. Dalam selabaran itu tertulis cukup datang dengan membawa KTP, surat keterangan dari desa, dan surat kesehatan dari Puskesmas, bisa langsung foto kemudian SIM jadi.

"Saya sempat ditanya beberapa teman terkait itu. Mereka mengira kabar itu benar, sehingga tertarik untuk ikut," cetus Ardian Yudi, warga Candi, Sidoarjo.

Selang beberapa hari, beredar lagi selebaran serupa melalui sejumlah media sosial. Isinya hampir sama, hanya tanggalnya berbeda. Tertulis pengurusan SIM kolektif digelar 29 Februari 2019. Kali ini juga dilengkapi tarif. Untuk SIM C Rp 90.000, SIM A Rp 150.000, dan SIM B Rp 190.000.

"Saya kira itu benar, makanya sempat ingin ikut," terang Ardian lagi.

Keluhan serupa juga disampaikan banyak warga. Mereka tanya ke sana ke mari karena ingin ikut program SIM kolektif yang terlihat mudah karena hanya tinggal foto saja, tanpa tes. "Untungnya ada teman polisi, dan saya tanyakan itu. Ternyata tidak ada. Hanya hoaks yang beredar luas," sebut bapak satu anak yang sedang butuh SIM A tersebut.

Ya, beberapa hari terakhir telah terverifikasi bahwa kabar adanya pengurusan SIM kolektif itu berita bohong alias hoaks. Polisi dan beberapa instansi pun sibuk mengklarifikasi kabar itu melalui media sosial maupun dalam sejumlah kesempatan bertemu warga.

Kendati demikian, sampai sekarang masih saja banyak warga yang menanyakan kabar itu. Mereka seolah belum tahu bahwa kabar tersebut hanya berita bohong. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO