Darurat Tangani Plengsengan Ambrol di Satak, Pemkab Pasuruan Siap Pasang Bronjong

Darurat Tangani Plengsengan Ambrol di Satak, Pemkab Pasuruan Siap Pasang Bronjong

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk penanganan kedaruratan plengsengan yang di Satak, Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil, Pasuruan, pihak Pemkab akan segera melakukan penanganan agar kerusakan tidak semakin parah dengan cara pemasangan bronjong.

Hal ini seperti diungkapkan Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana. Ia menjelaskan, plengsengan di DAS Kedunglarangan setempat merupakan kewenangan BBWS Brantas Jika tidak dilakukan penanganan, maka imbasnya menimpa warga Pasuruan khususnya warga yang rumahnya dekat lokasi

Dikhawatirkan, tanggul yang ada saat ini jebol sehingga air sungai kedunarangan meluberi perkampungan setempat. "Untuk penanganan sementara akan dibangun bronjong agar kerusakan tidak semakin parah," urainya.

Karena itulah, pihaknya berkoordinasi dengan BBWS Brantas untuk bekerja sama dalam melakukan penanganan plengsengan yang tersebut. Sejauh ini, pengajuan untuk kerja sama tersebut memang tengah diajukan. Hanya saja, pihaknya masih menunggu jawaban dari pihak BBWS Brantas.

Seperti diberitakan sebelumnya, nya plengsengan tersebut berlangsung pada Minggu sore (3/2). Plengsengan yang dibangun sekitar tahun 2000 itu  sepanjang 50 meter. Hal ini membuat warga khawatir. Mereka takut tanggul jebol sehingga lingkungan setempat terendam ar sungai. (bib/par/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasutri Terseret Longsor di Wilayah Gunung Bromo: Suami Selamat, Istri Meninggal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO