Lestarikan Budaya Lokal, Puluhan Pelajar Al Hasaniyyah Senori Kunjungi Pengrajin Batik

Lestarikan Budaya Lokal, Puluhan Pelajar Al Hasaniyyah Senori Kunjungi Pengrajin Batik

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan pelajar Madrasah Aliyah (MA) Al Hasaniyyah Desa Sendang, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban menyambangi home industri pengrajin Batik Gedog di Kelurahan Mondokan, Kamis (31/1).

Dalam kunjungan ke pengrajin batik dan tenun Gedog di Sanggar H Soleh itu, sebanyak 35 pelajar diberikan pelatihan dasar proses membatik sampai teknis pengembangan dan pemasaran tentang home industri yang sudah digeluti oleh keluarga.

Guru Pembimbing pelajar, Imam Udin berharap, melalui kunjungan ini anak didiknya menjadi termotivasi dalam menumbuhkan minatnya di bidang usaha kreatif berbasis kebudayaan lokal daerah.

Ia mengatakan, kunjungan ini merupakan penerapan pembelajaran seperti ini merupakan praktik dalam seni kebudayaan dan prakarya sebagaimana yang diwajibkan oleh Kemendikbud RI. Salah satunya, menggali muatan lokal daerah. Di Tuban sendiri, terdapat potensi wisata budaya, wisata alam, wisata bahari, dan kuliner. 

"Pada pagi ini, siswa kami ajak melihat langsung home industri sentra pengrajin batik. Kami berharap, siswa akan tumbuh minat dan bakat melalui prakarya lain," paparnya.

Usai mengikuti praktik studi Industri di Pengrajin batik Gedok, salah siswa Al Hasanyyah, Magfiroh, mengaku senang mendapatkan wawasan ilmu pengetahuan tentang motif-motif batik.

"Apalagi diajarkan teknis membatik. Teman-teman juga diberikan pemahaman manajemen pemasarannya," ungkapnya. (ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO