Minggu, 21 April 2019 02:15

Aktivitas Pemilu Terus Meningkat, Kapolresta Pastikan Sidoarjo Masih Kondusif

Kamis, 17 Januari 2019 23:10 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Aktivitas Pemilu Terus Meningkat, Kapolresta Pastikan Sidoarjo Masih Kondusif
Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Zain Dwi Nugroho.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejak awal tahun 2019, aktivitas pemilu di Sidoarjo terus meningkat. Ini seiring semakin dekatnya jadwal pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Kampanye dialogis atau acara tatap muka dan sambang oleh calon maupun tim sukses ke masyarakat terhitung naik dua kali lipat. Jika sebelumnya hanya tiga atau empat acara dalam sehari, belakangan ini rata-rata sudah lebih dari tujuh atau delapan kegiatan setiap hari.

"Hasil evaluasi sementara kami memang demikian, ada peningkatan. Tapi sejauh ini semua masih kondusif. Semoga tetap kondusif sampai semua tahapan pemilu selesai dan seterusnya," cetus Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho, Kamis (17/1).

Menurutnya, di semua acara itu polisi selalu melakukan pengamanan. Berdasar pemberitahuan dari pihak yang melakukan kampanye, kemudian diplot petugas pengamanan.

"Sistem pengamanannya secara terbuka dan pengamanan tertutup," terang mantan Sekpri Kapolri tersebut.

Dalam pengamanan ini, pihaknya juga selalu berkordinasi dengan Bawaslu. Harapannya, supaya potensi pelanggaran pemilu bisa dicegah di setiap kegiatan.

Di sisi lain, polisi juga terus bersilaturahmi ke para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan berbagai pihak di Sidoarjo. Untuk bersama-sama menjaga proses pemilu di Kota Delta agar berjalan aman dan lancar.

"Kami juga terus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dan terpancing dengan kabar atau berita yang belum tentu benar, kabar berbau SARA, fitnah, hoax, dan sebagainya," urai Kapolresta Zain Dwi Nugroho

"Diharapkan, masyarakat selalu menyaring informasi yang didapat. Jika tidak jelas kebenarannya, sebaiknya jangan ikut menyebarkan. Ketimbang jadi masalah panjang," ucapnya.

Tak hanya itu, untuk menangkal penyebaran hoax di Sidoarjo, polisi juga terus melakukan patroli siber. Mencari dan menelusuri akun-akun atau postingan di sosial media yang berbau SARA, hoax, fitnah, dan sebagainya.

"Sejauh ini belum ditemukan. Tapi jika ada, kami langsung klarifikasi. Dan jika tetap berlanjut, maka akan di-take down. Atau jika mengandung unsur pidana, bakal diproses secara hukum," pungkasnya. (cat/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...