Senin, 19 Agustus 2019 07:28

Aktivitas Pemilu Terus Meningkat, Kapolresta Pastikan Sidoarjo Masih Kondusif

Kamis, 17 Januari 2019 23:10 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Aktivitas Pemilu Terus Meningkat, Kapolresta Pastikan Sidoarjo Masih Kondusif
Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Zain Dwi Nugroho.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejak awal tahun 2019, aktivitas pemilu di Sidoarjo terus meningkat. Ini seiring semakin dekatnya jadwal pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Kampanye dialogis atau acara tatap muka dan sambang oleh calon maupun tim sukses ke masyarakat terhitung naik dua kali lipat. Jika sebelumnya hanya tiga atau empat acara dalam sehari, belakangan ini rata-rata sudah lebih dari tujuh atau delapan kegiatan setiap hari.

"Hasil evaluasi sementara kami memang demikian, ada peningkatan. Tapi sejauh ini semua masih kondusif. Semoga tetap kondusif sampai semua tahapan pemilu selesai dan seterusnya," cetus Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho, Kamis (17/1).

Menurutnya, di semua acara itu polisi selalu melakukan pengamanan. Berdasar pemberitahuan dari pihak yang melakukan kampanye, kemudian diplot petugas pengamanan.

"Sistem pengamanannya secara terbuka dan pengamanan tertutup," terang mantan Sekpri Kapolri tersebut.

Dalam pengamanan ini, pihaknya juga selalu berkordinasi dengan Bawaslu. Harapannya, supaya potensi pelanggaran pemilu bisa dicegah di setiap kegiatan.

Di sisi lain, polisi juga terus bersilaturahmi ke para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan berbagai pihak di Sidoarjo. Untuk bersama-sama menjaga proses pemilu di Kota Delta agar berjalan aman dan lancar.

"Kami juga terus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dan terpancing dengan kabar atau berita yang belum tentu benar, kabar berbau SARA, fitnah, hoax, dan sebagainya," urai Kapolresta Zain Dwi Nugroho

"Diharapkan, masyarakat selalu menyaring informasi yang didapat. Jika tidak jelas kebenarannya, sebaiknya jangan ikut menyebarkan. Ketimbang jadi masalah panjang," ucapnya.

Tak hanya itu, untuk menangkal penyebaran hoax di Sidoarjo, polisi juga terus melakukan patroli siber. Mencari dan menelusuri akun-akun atau postingan di sosial media yang berbau SARA, hoax, fitnah, dan sebagainya.

"Sejauh ini belum ditemukan. Tapi jika ada, kami langsung klarifikasi. Dan jika tetap berlanjut, maka akan di-take down. Atau jika mengandung unsur pidana, bakal diproses secara hukum," pungkasnya. (cat/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...