Rabu, 24 Juli 2019 01:47

Komplotan Pembajak Kontainer Muatan Rokok Bernilai Miliaran Rupiah Dibekuk

Kamis, 17 Januari 2019 01:40 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Anatasia Novarina
Komplotan Pembajak Kontainer Muatan Rokok Bernilai Miliaran Rupiah Dibekuk
Para pelaku pembajakan truk kontainer.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim membekuk komplotan pencurian muatan truk kontainer berupa rokok Lucky Strike senilai Rp 8,6 miliar. Salah satu tersangkanya adalah Harinda Dwi Jefry (28), warga Bulak Banteng selaku sopir truk.

"Tersangka ada 15 keseluruhannya, tapi yang sudah kita ungkap dan tangkap 7 orang," kata Dirreskrimum Polda Jatim Kombespol Gupuh Setiyono saat rilis di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (16/1). Adapun selain Jefry, enam pelaku lainnya yang diringkus yakni Sw (50), Romli (47), Aming (46), Tbl (51), Iwan (34), dan Hasan (50).

Modus para pelaku menggelapkan muatan kontainer berawal pemilik jasa transportasi PT Bintang 5 Transportasi mendapatkan order pengiriman rokok Lampung.

Namun, muatan rokok itu tidak sampai tujuan. Sebab, pada saat di rest area Sidoarjo, Jefri dan tersangka Hasan menghilangkan sinyal GPS yang ada di truknya. "Selanjutnya mereka melanjutkan perjalanan ke Jombang dan berhenti di depan gudang yang telah disewa tersangka Hasan serta Aming," jelas Gupuh.

Menurut Gupuh, para komplotan ini sudah merencanakan kejahatannya dengan rapi. Pasalnya beberapa handphone yang digunakan berkomunikasi juga dihancurkan untuk menghilangkan jejak.

"Setelah bertemu, handphone semua yang dimiliki dihancurkan. Ini menunjukkan bahwa mereka sudah merencanakan dengan baik," ungkap Gupuh.

Sementara Julius Jumadi Prasetyo, Direktur PT Bintang 5 Transportasi selaku vendor yang ditugasi mengirim rokok tersebut juga menceritakan awal mula peristiwa tersebut. "Kita dapat job dari ekspedisi untuk transport. Sedangkan rokoknya itu dari pabrik," kata Direktur PT Bintang 5 Transportasi Julius Jumadi Prasetyo.

Menurut Jumadi pemesanan jasa transportasi itu dilakukan melalui lelang yang dimenangkan oleh perusahaan logistik. "Logistik kan selalu ditender, nanti ekspedisi yang membaginya. Saya vendor terakhir," ujarnya,

Menurutnya, selama ini kerja sama perusahaanya dengan logistik tidak pernah bermasalah. "Biasanya berjalan biasa aja karena transportasinya rutin sudah selama 3 tahun. Yang ini aja bermasalah," terangnya.

Perusahaan yang berada di Kalianak ini memang baru mempekerjakan Jefri selama 4 bulan terakhir dan sudah beberapa kali muat rokok. "Selama ini tidak ada masalah. Kebetulan ini sopirnya tidak bisa dihubungi," pungkasnya.

Dari pengungkapan kasus pembajakan truk rokok ini, polisi mengamankan barang bukti. Di antaranya 779 karton rokok berisi 467.400 bungkus, 1 truk Fuso warna hijau, kontainer 40 feet, 2 unit mobil, 1 sepeda motor, 4 truk, 1 TV LCD, hingga senjata tajam seperti celurit, parang, dan uang Rp 10 juta. (ana/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...