Jumat, 19 April 2019 16:23

​Komunitas Dhu' Remmek dapat Angin Segar dari Masyarakat Pamekasan

Minggu, 13 Januari 2019 19:20 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
​Komunitas Dhu
Komunitas Dhu' Remmek saat foto bersama usai belajar bahasa dan budaya di kawasan tugu Arek Lancor tiap hari Minggu pagi berbarengan dengan Car Free Day (CFD).

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Komunitas Dhu' Remmek (Abhundhu' Rembga'ggha Mekkasan) yang dibentuk untuk melestarikan bahasa dan budaya Madura terutama di Kabupaten Pamekasan, mulai mendapat sambutan yang luar biasa dari para penggiat bahasa Madura dan masyarakat umum.

Mereka memang sangat peduli kelestarian bahasa Madura dan ingin belajar lebih dalam tentang bahasa Madura yang mulai tergerus oleh bahasa asing serta bahasa gaul dari anak-anak jaman Now.

Komunitas yang baru dibentuk tersebut diketuai oleh Sitti Fatimah, M.Pd, seorang guru SDN Akkor Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, yang sangat peduli terhadap bahasa daerahnya.

"Komunitas ini terbentuk dari orang-orang pinggiran yang peduli terhadap bahasa daerah Madura," ungkap Fat, panggilan akrab ketua komunitas tersebut, Minggu (13/01/19) pagi.

Setiap minggu mereka mencoba berkumpul, belajar berbahasa Madura yang benar bersama serta belajar budaya. "Juga sebagai ajang silaturahmi antar anggota komunitas," tuturnya.

Fat menambahkan, pihaknya juga mempersilakan seluruh masyarakat untuk bersama-sama belajar bahasa Madura yang baik dan benar. "Kita tidak menutup diri, bukan hanya anggota komunitas yang boleh belajar, silakan masyarakat untuk belajar bersama di tempat ini," harapnya.

Bahkan untuk para siswa sekolah yang ingin belajar bahasa Madura kami siap untuk membantu. "Kalau para pelajar yang kesulitan dalam belajar bahasa madura yang benar silahkan datang di area arek lancor depan kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jalan Panglima Sudirman no. 4 Pamekasan," ujarnya saat ditemui wartawan BANGSAONLINE.com waktu belajar bahasa dan budaya Madura bersama di kawasan arek lancor.

Sedangkan Pj Sekda Pamekasan Muhammad Alwi yang juga datang dalam kegiatan Dhu' Remmek ini, memberikan apresiasi terhadap komunitas yang perduli akan bahasa dan budaya Madura tersebut.

"Kami sangat mendukung kegiatan belajar bahasa dan budaya Madura bersama yang dipelopori komunitas Dhu'Remmek ini," tutur Muhammad Alwi yang juga sangat peduli kelangsungan bahasa Madura yang benar.

Komunitas Dhu' Remmek yang baru seumur jagung ini memfokuskan kegiatan belajar bersama bahasa dan budaya Madura. Tujuannya untuk melestarikan dan menumbuh kembangkan bahasa dan budaya Madura agar generasi muda terutama masyarakat bisa dan tidak malu untuk berbahasa madura yang baik dan benar. (err/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...