Selasa, 26 Mei 2020 06:41

Konfercab NU Bangil: Petahana Keok, KH. Shobri Ungguli KH. Syamsul

Senin, 07 Januari 2019 09:25 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Ahmad Fuad
Konfercab NU Bangil: Petahana Keok, KH. Shobri Ungguli KH. Syamsul
Perhitungan terakhir suara hasil pemilihan ketua tanfidziyah NU Bangil.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemilihan Rais Syuriah dan Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangil masa bakti 2019-2024 akhirnya mengerucut kepada pasangan KH. Abdurrohim dan KH. Shobri.

Untuk proses pemilihan Rais Syuriah ditunjuk oleh 5 Tim Ahwa (Ahlul Halli wal aqdi) yang sepakat mengangkat KH. Abdurrohim. 

Sementara pemilihan Ketua Tanfidziyah dipilih secara voting dan dimenangkan oleh KH. Shobri yang meraup 85 suara mengungguli perolehan suara KH. Syamsul Ma'arif yang mendapatkan 34 suara.

Pemilihan tersebut digelar di PP. Nurus Sobach milik Gus Najib Syafi'i, Ketua PCNU Bangil sekarang, tepatnya di Desa Banggle, Kecamatan Beji, Kab. Pasuruan, Minggu (6/1) malam.

Sementara petahana Gus Najib sendiri keok. Dia hanya mendapatkan 1 dukungan suara dari 125 peserta hak pilih. Kemudian disusul oleh Gus Kasyful Anwar, juga mendapatkan satu suara.

Jumlah kandidat calon ketua Tanfidziyah ada empat. Secara Kapabilitas mereka sama-sama memiliki pengalaman memimpin NU. Contoh, KH. Syamsul Ma'arif, mantan Ketua NU Bangil masa bakti 2009-2014. Kemudian Gus Najib masa bakti 2014-2019. Demikian juga Gus Kasyful Anwar yang juga tokoh pengurus NU, disusul KH. Shobri yang peranannya dikenal oleh pengurus NU lainnya.

Sidang pleno pemilihan ketua tanfidziyah tersebut dipimpin langsung oleh Perwakilan dari PWNU Jawa Timur H. Misbahul Munir selaku Seksi Bidang Keorganisasian. Voting berjalan secara sengit, suara KH. Shobri dan KH. Syamsul bersaing ketat di awal pemungutan. Meskipun akhirnya suara KH. Shobri tak bisa dijangkau oleh kandidat lainnya.

Misbah menyampaikan bahwa perjalanan sidang yang dia pimpin itu berjalan lancar, aman dan kondusif. Dia berharap kepada ketua terpilih untuk mampu meningkatkan solidaritas di tubuh pengurus NU. "Harapan saya kepada Ketua terpilih supaya diperkuat tubuh organisasi," singkat Misbah.

Dalam pemilihan tersebut diikuti oleh Ketua Ranting dan MWCNU. Dijelaskan oleh anggota panitia H. Syamsul Hidayat: "Wilayah NU Bangil ini terdiri dari 6 Kecamatan dan 120 Ranting NU yang punya hak suara," kata Syamsul kepada BANGSAONLINE.com di lokasi Konfercab.

Sementara Ketua terpilih KH. Shobri saat dikonfirmasi, menyatakan siap dan sanggup mengemban amanat NU ke depanya. Ia juga bersedia mundur jika melanggar aturan undang-undang yang telah disepakati bersama. "Saya siap dan sanggup memimpin NU ke depannya. Apabila saya melanggar saya juga bersedia mengundurkan diri," ucapnya.

Dia juga berterima kasih kepada para peserta pemilih, dan juga kepada Gus Najib yang telah memberikan konstribusi besar sejak memimpin NU. Dia berjanji akan melanjutkan perjuangan Gus Najib selama memimpin sebelumnya.

"Saya ucapkan ribuan terima kasih kepada peserta yang telah mengamanatkan saya jadi ketua. Ke depannya saya berharap, mari kita bersama ikut berperan dalam mengembangkan NU," pungkas KH. Shobri. (afa/dur)

(Abah Sobri meraih 85 suara, mengungguli KH Syamsul Ma'arif dan Gus Najid Syafi'i. Foto kanan, KH Abdurrahim, Rais Syuriah Bangil terpilih)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...