Jelang Tahun Baru, BNN Kota Malang Razia Cafe-Cafe

Jelang Tahun Baru, BNN Kota Malang Razia Cafe-Cafe Salah satu pengunjung Cafe Smooth yang dites urine oleh BNN Kota Malang dan dinyatakan negatif, Sabtu (29/12). foto: IWAN IRAWAN/ BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com – Menjelang tahun baru 2019, BNN Kota Malang dan tim gabungan melakukan razia 8 cafe yang ada di Kota Malang, Sabtu (29/2) dini hari.

Tim gabungan kali ini agak istimewa karena menyertakan Ketua DPRD Kota Malang, Kepala BO2D, POM AD, TNI, Polri dan Satpol PP. Ada 8 cafe di Kota Malang yang jadi sasaran yakni Triangle, Loading, Hugo's, Smoot dan tempat lainnya.

AKBP Bambang Sugiharta, Kepala menjelaskan, operasi selain treatment (penyembuhan), juga mensosialisasikan bahaya narkoba lewat makanan dan minuman, suplemen, yang perlu diwaspadai. Ada tiga kategori yang di tes urine secara sampling, yakni pemain band cafe, pengunjung dan karyawan atau pengelolanya.

"Kita pantau dari segi fisiknya, cara pandang, tutur kata, serta sikapnya terkadang agak berlebihan," terang dia.

"Dalam uji sampling memakai 6 parameter, seperti kandungan ganja, sabu-sabu, obat keras, psikotropika serta lainnya. Ada unsurnya atau tidak dalam test urine orang itu," imbuh dia.

Masih kata AKBP Bambang, dari 8 cafe dipantau, lebih dari 15 orang yang harus menjalani test urine dan hanya satu yang positif, yakni seorang karyawan di Loading. Namun dia bukan pengguna narkoba karena karyawan tersebut mengkonsumsi obat sakit bronkitis, dan dibenarkan oleh manajer cafe.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO