Bupati Gresik Izinkan UMKM Berjualan Makanan di Ritel Indomart

Bupati Gresik Izinkan UMKM Berjualan Makanan di Ritel Indomart Bupati Sambari menyaksikan penyerahan bantuan gerobak UMKM. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik mengizinkan para usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk bisa berjualan di areal parkir ritel Indomart yang tersebar di Kabupaten Gresik. Hal ini sebagai bentuk kepedulian Bupati terhadap masyarakat kecil atau kurang mampu.

Hal ini diungkapkan Bupati saat membuka seminar UMKM di lantai IV ruang Mandala Bhakti Praja Kantor Pemkab Gresik, Jumat (28/12/2018). Melalui kebijakan ini, Bupati berharap para UMKM bisa bisa menambah pendapatan mereka dengan membuka lapak di sana. "Misalnya untuk jualan nasi pecel, kan bisa menambah pendapatan," paparnya.

Bupati menyatakan bahwa perkembangan UMKM di Kabupaten Gresik makin hari makin bagus. Hal ini tak lepas dari peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskop, UKM Perindag) yang menanganinya. "Apapun yang terjadi menjadi tanggungjawab Pak Agus Budiono (Kepala Diskop) selaku pengelola UMKM di Kabupaten Gresik," urainya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyinggung soal bantuan rombong untuk para pelaku UMKM dari corporate social responsibility (CSR) sejumlah perusahaan. "Pemkab akan menjembatani pemberian CSR kepada masyarakat. Sehingga, pemerintah tahu perusahaan mana yang sudah dan belum memberikan CSR," sambungnya.

Bupati juga mengungkapkan perusahaan besar yang telah mengeluarkan CSR-nya untuk membantu pembangunan di Kabupaten Gresik. Di antaranya, PT. Petrokimia Gresik dengan membangun Gapura Selamat Datang masuk kota Gresik. Kemudian, PT. Wilmar Indonesia dengan membangun Landmark yang megah di Sentolang, dan PT. Smelting yang membangun Candi Lontar.

Adapun bantuan rombong untuk pelaku UMKM di antaranya berasal dari PT. Indomarco, PT. Maspion, PT. Smelting, PT. Petrokimia Gresik, PT. Semen Indonesia, PT. Indospring, dan lainnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO