Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Bahan Pokok di Kota Mojokerto Tetap Stabil

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Bahan Pokok di Kota Mojokerto Tetap Stabil Wali Kota Mojoketo didampingi Kepala Dinas Disperindag sàat kegiatan sidak.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, pemerintah Kota Mojokerto terus berupaya melakukan pantauan stabilisasi harga kebutuhan bahan pokok atau sidak di pasar dan swalayan. Salah satu yang dipantau adalah produk peternakan seperti daging ayam dan telur/ Hal itu dilakukan guna meminimalisir adanya gejolak harga di pasar-pasar yang ada di Kota Mojokerto. Pasalnya, menjelang akhir tahun, permintaan kebutuhan bahan pokok sering kali mengalami peningkatan.

Rifai, salah satu pakar ekonomi mengaku sangat mendukung langkah Pemerintah Kota Mojokerto dalam mengantisipasi adanya gejolak harga kebutuhan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru. "Kami yakin Pemerintah Kota Mojokerto dan Tim Satgas Pangan mampu mengatasi permasalahan tersebut. Buktinya belum ada gejolak harga yang tinggi," ujarnya.

Menurutnya, harga kebutuhan bahan pokok seperti halnya harga telur wajar mengalami fluktuasi. Sebab, hal itu dipengaruhi persoalan yang sangat mendasar, yakni adanya kenaikan harga pakan.

Dia mengatakan, komoditi telur sangat sensitif sekali naik dan turunnya. "Kalau harga telur mengalami kenaikan kemudian pedagang menjual dengan jumlah banyak, sudah barang tentu harga telur mengalami penurunan. Sebaliknya, saya sangat percaya dengan Pemkot Mojokerto bisa mengendalikan kebutuhan bahan pokok, dan optimis jelang Natal dan Tahun Baru harga bahan pokok stabil," jelas Rifai, Kamis (20/12).

Sementara Jumain, salah seorang pedagang pasar berharap bahwa harga telur dan daging ayam tetap stabil, sehingga para pelanggan yang berbelanja di warungnya juga tetap stabil. "Maunya sih, ada kenaikan mas, sehingga untungnya bisa lumayan. Faktanya, harga tetap stabil. Alhamdulillah, pelanggan saya tetap banyak, untung sedikit, yang penting ekonomi stabil ya," harapnya

Sedangkan Wakil Wali Kota H. Achmad Rizal Zakaria menyampaikan, bahwa sidak yang dilakukan Pemkot bersama Forpimda bertujuan untuk melihat langsung kestabilan harga sembako menjelang Natal dan Tahun Baru. "Kita lihat bersama dalam pantauan atau sidak kebutuhan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru, tetap stabil. Kebutuhan stok bahan pokok sangat mencukupi. Kita belum ada rencana menggelar operasi pasar," jelas Wakil Wali Kota usai melakukan sidak pasar, Kamis (20/12). (ris/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO