Jelang Akhir Tahun, Normalisasi Sungai Pemkab Pasuruan Sisakan Tiga Lokasi

Jelang Akhir Tahun, Normalisasi Sungai Pemkab Pasuruan Sisakan Tiga Lokasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Normalisasi yang dilakukan oleh Dinas PU Sumber Daya Air dan Tata Ruang (PU SDA dan TR) Kabupaten Pasuruan pada tahun 2018 ditargetkan bisa rampung sebelum akhir tahun ini. Dari total 81 titik lokasi yang dinormalisasi, saat ini hanya menyisakan beberapa lokasi yang masih dalam proses pengerjaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kadis PU Sumberdaya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Ir Hanung Widya Sasangka pada BANGSAONLINE.com, kemarin. 

"Untuk normalisasi yang belum rampung yakni di JI Rejoso, Jl Kalipuro Bangil, dan Kali Kendal Selorawan Beji. Di tiga lokasi tersebut memang masih dalam proses pengerukan, ada yang menggunakan alat berat dan tenaga manusia," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk normalisasi yang dilakukan secara manual memang sedikit lambat. Selain lokasi medan yang sulit, juga penanganan menggunakan tenaga manusia sehingga tidak bisa dikebut. Untuk panjang penanganan lebih kurang 1,5 km, pihak Dinas menargetkan seluruh pekerjaan normalisasi rampung pekan depan.

"Tujuan normalisisasi juga untuk memperlancar aliran air banjir sehingga tidak menimbulkan genangan ke rumah penduduk," jelas pria asal Prigen ini.

Sebelumnya, Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang melakukan penambahan kegiatan normalisasi di P-APBD 2018 sebanyak 5 titik. Penambahan kegiatan tersebut dikarenakan kerap terjadi luapan saat banjir hingga meluber ke rumah warga. Pasalnya, sungai terjadi pendangkalan dan banyak tumpukan sampah. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO