Tebing Kapur di Palang Tuban Longsor, Pemilik dan Pekerja Tambang Tewas Tertimbun Material

Tebing Kapur di Palang Tuban Longsor, Pemilik dan Pekerja Tambang Tewas Tertimbun Material Kondisi tebing batu kapur yang longsor (foto kanan) dan kondisi truk yang tertimpa material batu kapur.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebuah tebing batu kapur yang berada di Desa Pucangan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban tiba-tiba mengalami longsor, Selasa (18/12). Peristiwa ini membuat dua orang pekerja tambang tewas akibat tertimpa reruntuhan batu kumbung.

Korban tewas diketahui bernama Adu Yahya Muhaimin (30) pemilik tambang, dan Sapaat (33) seorang pekerja. Keduanya adalah warga desa setempat yang kesehariannya bekerja di tambang tersebut.

Longsoran batu kumbung itu juga menimpa sebuah truk engkel yang sedang parkir di sekitaran lokasi. Akibatnya, truk rusak dibagian bak dan atapnya.

Kapolsek Palang, AKP Simoen mengungkapkan, peristiwa itu bermula saat korban sekaligus pemilik tambang menuju lokasi tambang dengan mengendarai sebuah truk dengan nopol S-8297-HE. Seperti biasanya, truk itu disiapkan untuk mengangkut material batu kumbung.

"Saat keduanya di lokasi tambang, secara tiba-tiba tebing batu kumbung runtuh dan menimpa keduanya," ujar Kapolsek.

Salah satu warga, Karnapun (37) yang kebetulan berada di sekitar lokasi dan melihat kejadian tersebut langsung berusaha menolong korban yang tertimbun. Dengan dibantu warga lainnya, korban dilarikan ke RSUD Dr. Koesma Tuban untuk mendapatkan perawatan medis. Nahas, dalam perjalanan ke rumah sakit, korban sudah menghebuskan nafas terakhir akibat luka yang cukup serius.

"Korban tewas saat perjalanan menuju rumah sakit," pungkasnya.

Setelah keduanya dilakukan pemeriksaan tim medis dan visum dari Puskesmas setempat, korban langsung diserahkan kepada pihak keluarga untuk segera dilakukan pemakaman. Sebab, keluarga telah ikhlas dan menyatakan kejadian ini merupakan musibah dengan melampirkan surat keterangan yang mengetahui kepala desa setempat. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO