Selasa, 21 Januari 2020 17:56

PDAM Gresik Segera Umumkan Pemenang Proyek Pemanfaatan Air BGS

Senin, 03 Desember 2018 11:33 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
PDAM Gresik Segera Umumkan Pemenang Proyek Pemanfaatan Air BGS
Siti Aminatus Zariyah, S.E

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik telah mengadakan lelang kerja sama pemanfaatan air baku dari Bendung Gerak Sembayat (BGS) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ada 4 perusahaan konsorsium (patungan) yang ikut proyek yang diestimasikan menelan biaya hingga Rp 786-800 miliar tersebut. Kepastian iu disampaikan Dirut PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik, Siti Aminatus Zariyah, S.E kepada BANGSAONLINE.com, Senin (3/12).

Menurut Riza, begitu panggilan akrabnya, 4 perusahaan yang masuk tahapan sampul II adalah, PT. Bangun Cipta Kontraktor (konsorsium) dengan PT. Wijaya Karya, PT. Pembangunan Perumahan (konsorsium) dengan PT. Krakatau Tirta Indonesia, PT Tri Mitra Tirta Sarana (konsorsium) dengan PT. Manital Water Company, dan PT Potum (konsorsium) dengan PT. Abi Praya.

"Lelang sudah selesai, dalam bulan Desember ini akan kami umumkan pemenangnya," papar dia.

Pemenang lelang, lanjutnya akan melakukan kerja sama dengan PDAM Giri Tirta Gresik dalam penyediaan air baku dari BGS. Mulai pembangunan jaringan pipa dan infrastruktur lain yang dibutuhkan.

"Kerja samanya sama dengan model sebelumnya, BOT (Build Operate Transfer). Masa kerja sama 25-30 tahun, nantinya akan dibahas lebih teknis. Di mana, selama itu investor yang diberikan wewenang," urainya. Dijadwalkan bulan Maret 2019 peletakan batu pertama dimulainya pekerjaan.

Riza lebih jauh memaparkan, kerja sama tersebut sebagai bentuk upaya PDAM untuk merespon kebutuhan masyarakat Kabupaten Gresik akan kebutuhan air. Hingga saat ini PDAM Giri Tirta baru bisa memenuhi kebutuhan sekitar 96.252 pelanggan yang tersebar di 11 Kecamatan mulai Wringinanom, Driyorejo, Menganti, Kedamean, Balongpanggang, Benjeng, Cerme. Selain itu juga di Duduksampeyan, Gresik, Kebomas, dan Manyar.

"Kami menargetkan sebelum pemanfaatan BGS 2019 pelanggan bertambah 5.000," kata dia.

Menurut Riza, kebutuhan pelanggan saat ini mencapai 360.625 kepala keluarga, sehingga masih ada 264.373 sambungan rumah tangga yang belum terlayani. Karena itu, selama lima tahun menjabat Dirut baru PDAM, ia berjanji akan bekerja keras melayani sambungan 360.625 pelanggan tersebut.

"Insya Allah setelah pemanfaatan air BGS on selama lima tahun menjabat, penambahan pelanggan mencapai 200-300 ribu seperti yang ditargetkan Pak Bupati Sambari Halim Radianto bisa saya penuhi," jelasnya.

"Untuk tambahan pelanggan itu, kami telah menyiapkan air dari Bendung Gerak Sembayat (BGS) sebanyak 2.000 liter per detik, dan tambahan 1.000 liter dari Air Umbulan," pungkasnya.(hud/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...