Logistik Pemilu Mulai Berdatangan, KPU Jombang Terima Ribuan Botol Tinta

Logistik Pemilu Mulai Berdatangan, KPU Jombang Terima Ribuan Botol Tinta Petugas KPU Kabupaten Jombang bersama Polisi saat memeriksa kemasan logistik tinta sidik jari yang datang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sejumlah logistik keperluan Pemilu 2019 telah berdatangan sejak beberapa hari kemarin, seperti logistik tinta sidik jari dan segel yang baru turun dari KPU RI. Namun, khusus untuk logistik utama yakni surat suara masih menunggu penetapan jumlah pemilih tetap (DPT) di tingkat pusat rampung.

Sebanyak 8.590 botol tinta sudah turun dan diterima KPU Kabupaten Jombang. Ribuan botol tinta itu turun pada Rabu (28/11) lalu dan dikemas dalam 36 boks. 

"Alhamdulilah setelah kami periksa tidak ada yang cacat atau rusak dan kondisinya tersegel," ujar Heri Subagyo Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik KPU, Minggu (2/12/18).

Sedangkan untuk logistik segel juga sudah turun. Heri mengatakan, jumlah segel yang turun sebanyak 447.546 keping yang baru turun Kamis (29/11) kemarin. "Jadi untuk segel sesuai keperluannya nanti akan digunakan segel kotak suara, sampul TPS dan beberapa logistik lainnya," tambah dia.

Untuk sementara ini, tinta tersebut disimpan dalam gundang KPU. Sedangkan, untuk segel disimpan dalam kantor KPU karena harus disimpan dalam tempat yang kering. "Ini akan kita simpan hingga Maret nanti. Karena kita baru lakukan pengepakan sekitar Maret," papar dia.

Lebih lanjut Heri mengatakan, beberapa logistik lain seperti alat coblos, bantalan dan kelengkapan TPS akan turun paling lambat Desember ini. Khusus untuk surat suara yang diperkirakan datang paling akhir karena menunggu proses penetapan DPT tingkat nasional. 

"Karena untuk surat suara kan jumlahnya harus menyesuaikan jumlah pemilih. Sehingga KPU RI baru akan memproses pencetakan surat suara bila jumlah DPT sudah selesai," jelas dia.

KPU juga sudah melakukan komunikasi dengan Pemkab Jombang mengenai penggunakan Gor Merdeka untuk proses pengepakan. "Kita sudah komunikasi dan insya allah kita lakukan Maret tahun depan," pungkasnya. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO