​Beri Teladan, Kiai Asep Minta Erick Thohir Tak Balas Kekejian Hoax

​Beri Teladan, Kiai Asep Minta Erick Thohir Tak Balas Kekejian Hoax Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA saat orasi pada Deklarasi Jokowi-Ma'ruf se-Tapal Kuda di Pondok Pesantren Nurul Qornain Jember Jawa Timur, Kamis (22/11/2018). Foto: istimewa/bangsaonline.com

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dr KH Asep Saifuddin Chalim minta Erick Thohir, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, tidak membalas kekejian hoax yang selama ini dilancarkan kepada -Ma'ruf Amin.

"Biarkan kekejian hoax itu nanti akan menampar muka mereka sendiri," kata Kiai Asep Saifuddin Chalim yang Ketua Dewan Penasehat Jaringan Kiai-Santri Nasional () saat pidato pada Deklarasi -Ma'ruf Amin se-Tapal Kuda yang digelar di Pondok Pesantren Nurul Qornain Jember, Kamis (22/11/2018).

(Nyai Hj Fatimah (paling kiri) Sekretaris PC Muslimat NU Kota Surabaya, bersama Indar Parawansa, dan Nyai Mahfudzoh Ali Ubaid putri KH Abdul Wahab Hasbullah, dalam acara Deklarasi -Ma'ruf se-Tapal Kuda di Pondok Pesantren Nurul Qornain Jember, Jawa Timur, Kamis, 22 Nopember 2018. foto: bangsaonline.com)

Pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu menegaskan bahwa hoax jangan dilawan dengan hoax. "Kasihan bangsa. Bangsa ini harus diberi keteladanan," tegas Kiai Asep yang dikenal sebagai ulama miliarder dan dermawan itu.

Meski demikian bukan berarti hoax harus dibiarkan. “Harus diklarifikasi,” pinta Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) itu. Ercik Thohir yang duduk di jajaran paling depan mengangguk-angguk.

Yang menarik, Kiai Asep kemudian melantunkan sebuah syair Arab yang artinya: Biarkanlah dia yang menyakitimu. Janganlah kau balas kekejian itu. Karena segera dia akan terbalaskan. Dan dia sendiri itu pelaku pembalasan.

Lihat juga video 'Dulu Banyak Sinis dan Tertawa, Kini Miliki 12.000 Santri, ini Ijazah Amalan Kiai Asep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO