Jumat, 23 Agustus 2019 08:57

Hadiri Seminar di Tebuireng, Kapolda Jatim: Ulama Peredam Perpecahbelahan Bangsa

Minggu, 11 November 2018 22:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rony Suhartomo
Hadiri Seminar di Tebuireng, Kapolda Jatim: Ulama Peredam Perpecahbelahan Bangsa
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan bersama Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Salahudin Wahid (Gus Solah).

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, polisi dan ulama harus bergandengan untuk menjaga kondusivitas dalam momentum tahun politik Pemilu 2019 ini. Dia menilai ulama memiliki peran besar dalam mewujudkan kedamaian bangsa.

Hal itu disampaikan Kapolda usai menghadiri seminar nasional aktualisasi resolusi jihad untuk persatuan bangsa menuju Pemilu damai di Ponpes . Dia menyampaikan, memasuki masa Pilpres, situasi beberapa bulan terakhir cukup memanas. 

"Di sinilah peran ulama untuk meredam situasi tersebut agar menjadi lebih kondusif. Jadi peran ulama ini mampu meredam sehingga tidak timbul perpecahbelahan bangsa,’’ ujar dia.

Peran ulama, kata pria kelahiran 22 April 1965 ini, sangat besar. bukan hanya dalam momentum pemilu saja, melainkan dalam menjaga kedamaian dan keutuhan bangsa juga diutamakan. 

”Itu sudah terbukti dalam sejarah, seperti KH Hasyim Asy’ari itu. Perjuangan beliau memiliki pengaruh besar untuk negeri ini,’’ papar dia.

Diapun meminta agar tidak mengesampingkan peran ulama. Dia berharap ulama harus hadir di garda depan agar bangsa ini tetap damai dan kuat. 

”Kita harus perkuat dengan kekuatan dan doa. Apalagi, mereka (ulama) ini memiliki santri yang sah,’’ jelas dia.

Dia juga mengimbau, dalam momentum tahun politik ini masyarakat tidak mudah terpengaruh dan tidak mudah ikut ikutan terprovokasi oleh kabar/berita yang menimbulkan perselisihan. 

”Terutama tidak terpengaruh berita berita yang beredar di Medsos, karena ini sangat bahaya,’’ papar dia.

Sebelumnya, Kapolri Tito Karnavian yang dijadwalkan datang ke Ponpes Tebuireng belum bisa menghadiri acara tersebut. Luki tiba di Ponpes Tebuireng sekitar pukul 08.00 WIB dengan beberapa rombongan dari jajaran Polda Jatim. 

Luki diterima KH Salahudin Wahid (Gus Solah), pengasuh Ponpes Tebuireng dan melakukan diskusi di Dalem Kasepuhan selama beberapa menit sebelum mengikuti seminar di Gedung KH Yusuf Hasyim Ponpes Tebuireng. (ony/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...