Rabu, 16 Oktober 2019 12:36

Hadiri Seminar di Tebuireng, Kapolda Jatim: Ulama Peredam Perpecahbelahan Bangsa

Minggu, 11 November 2018 22:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rony Suhartomo
Hadiri Seminar di Tebuireng, Kapolda Jatim: Ulama Peredam Perpecahbelahan Bangsa
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan bersama Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Salahudin Wahid (Gus Solah).

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, polisi dan ulama harus bergandengan untuk menjaga kondusivitas dalam momentum tahun politik Pemilu 2019 ini. Dia menilai ulama memiliki peran besar dalam mewujudkan kedamaian bangsa.

Hal itu disampaikan Kapolda usai menghadiri seminar nasional aktualisasi resolusi jihad untuk persatuan bangsa menuju Pemilu damai di Ponpes . Dia menyampaikan, memasuki masa Pilpres, situasi beberapa bulan terakhir cukup memanas. 

"Di sinilah peran ulama untuk meredam situasi tersebut agar menjadi lebih kondusif. Jadi peran ulama ini mampu meredam sehingga tidak timbul perpecahbelahan bangsa,’’ ujar dia.

Peran ulama, kata pria kelahiran 22 April 1965 ini, sangat besar. bukan hanya dalam momentum pemilu saja, melainkan dalam menjaga kedamaian dan keutuhan bangsa juga diutamakan. 

”Itu sudah terbukti dalam sejarah, seperti KH Hasyim Asy’ari itu. Perjuangan beliau memiliki pengaruh besar untuk negeri ini,’’ papar dia.

Diapun meminta agar tidak mengesampingkan peran ulama. Dia berharap ulama harus hadir di garda depan agar bangsa ini tetap damai dan kuat. 

”Kita harus perkuat dengan kekuatan dan doa. Apalagi, mereka (ulama) ini memiliki santri yang sah,’’ jelas dia.

Dia juga mengimbau, dalam momentum tahun politik ini masyarakat tidak mudah terpengaruh dan tidak mudah ikut ikutan terprovokasi oleh kabar/berita yang menimbulkan perselisihan. 

”Terutama tidak terpengaruh berita berita yang beredar di Medsos, karena ini sangat bahaya,’’ papar dia.

Sebelumnya, Kapolri Tito Karnavian yang dijadwalkan datang ke Ponpes Tebuireng belum bisa menghadiri acara tersebut. Luki tiba di Ponpes Tebuireng sekitar pukul 08.00 WIB dengan beberapa rombongan dari jajaran Polda Jatim. 

Luki diterima KH Salahudin Wahid (Gus Solah), pengasuh Ponpes Tebuireng dan melakukan diskusi di Dalem Kasepuhan selama beberapa menit sebelum mengikuti seminar di Gedung KH Yusuf Hasyim Ponpes Tebuireng. (ony/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri MakmunFenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik dikalangan artis, publik figur maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh nitezen...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...