BPPKAD Bantah Pernyataan Kabag Umum: Masjid Agung Gresik Masih Aset Pemkab

BPPKAD Bantah Pernyataan Kabag Umum: Masjid Agung Gresik Masih Aset Pemkab Kabid Pengelolaan Aset BPPKAD Pemkab Gresik Herawan.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pernyataan Sukardi, Kabag Umum Setda , yang menyatakan jika Masjid Agung Gresik (MAG) sudah dihibahkan, dibantah oleh Kabid Pengelolaan Aset Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), Herawan. Kepada BANGSAONLINE.com, ia menyatakan bahwa MAG hingga kini masih tercatat sebagai aset Pemkab.

"Baik tanah dan bangunan MAG, aset Pemda," ujar Herawan, Kamis (1/11/2018).

Sejak selesai dibangun dan diresmikan hingga tahun 2018, ia mengungkapkan belum ada akad hibah MAG kepada pihak lain. Hanya, Herawan mengakui sempat ada rencana menghibahkan MAG. 

"Aset kami berupa MAG pernah ada rencana akan dihibahkan kepada pengelola masjid tersebut, namun dengan syarat, yakni pengurus MAG terlebih dulu harus membuat yayasan yang berbadan hukum. Namun, sejauh ini pengurus MAG tak mau membuat yayasan yang berbadan hukum," paparnya.

"Pernah juga mau diusulkan dengan cara dibuatkan unit pelayanan teknis (UPT) MAG, namun tak terwujud. Sebab, kalau UPT urusannya dengan pemerintah pusat, yakni Kementerian Agama karena masalah keagamaan," urainya.

"Sementara ini, agar sama-sama jalan, MAG menjadi aset pemerintah, sedangkan pengurus mengelolanya, maka diambil jalan tengah," jelasnya.

Herawan juga membantah, jika selama ini lepas tanggung jawab dalam penanganan MAG, seperti pemeliharaan dan kebutuhan lain. "Kalau pemeliharaan dan kebutuhan lain yang membutuhkan dana kecil cukup dari internal MAG. Namun, kalau yang gedhe (besar) diajukan ke pemerintah," jelasnya.

Bahkan, kata Herawan, melalui Bagian Umum masih ikut campur dalam pembiayaan tenaga di MAG, seperti pemeliharaan pengecatan dan pembayaran petugas tenaga harian lepas (THL).

Ditanya kalau aset MAG dihibahkan apa perlu minta persetujuan DPRD? Herawan menyatakan tak perlu. Sebab, untuk kepentingan sosial dan untuk beribadah. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO