Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Bangkalan, Bupati Fokus pada 3 Sektor ini

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Bangkalan, Bupati Fokus pada 3 Sektor ini Dari kiri Dandim, Danlanal, Kapolres, Ketua DPRD, Bupati, Wakil Bupati, Kejari, Ketua PN, Sekda, dan Asisten Pemerintahan Setda Pemkab Bangkalan foto bersama usai mengikuti upacara. foto: FAUZI/ BANGSAONLINE

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan fokus pada sektor Pertanian, UMKM, dan peningkatan SDM. Hal ini disampaikan Bupati Bangkalan Abdul Latif Imron Amin saat upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Bangkalan yang ke-487 sekaligus Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-73 di Lapangan , Rabu (24/10/2018).

"Semangat Hari Jadi Bangkalan ke-487 tahun 2018 ini kita tingkatkan profesionalisme pelayanan tata kelola ekonomi menuju Bangkalan sejahtera," ujar Bupati di hadapan peserta upacara.

Untuk mewujudkan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi tersebut, bupati mengaku sudah menyiapkan kebijakan strategis di tiga sektor tersebut. Yakni, memberikan pasar yang luas serta stimulus kepada UMKM melalui pembiayaan atau kredit murah dengan suku bunga 6%. Selain itu pihaknya juga menyiapkan kerja sama dengan BUMDes, pelatihan atau workshop terkait digitalisasi UMKM.

"Sedangkan di bidang pertanian, kita akan kerja sama dengan UTM terkait dengan banyaknya lahan yang tidur di Bangkalan. Contohnya dengan ditanami jagung dengan bibit hybrida, dan kita lagi sedang evaluasi tanaman apa yang cocok dengan kondisi tanah daerah Bangkalan. Saat ini kita sudah studi banding ke daerah provinsi lain dalam rangka pengembangan pembangunan Bangkalan," ungkap Bupati Latif.

Sementara di sektor peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), harapannya nanti banyak masyarakat Bangkalan yang produktif dan mampu menumbuhkan sektor usaha kreatif.

Ketua DPRD Bangkalan Imron Rosyadi mensupport tiga fokus pembangunan ke depan yang digagas Bupati. "Dari sisi kewenangan, DPRD akan terus mendukung menuju kemandiri Bangkalan, karena sampai saat ini kita belum mandiri," Kata Imron yang saat ini maju lagi sebagai caleg dari Dapil 5 (Tragah, Labang, Kwanyar, dan Kamal).

Hal yang sama disampaikan Kepala Disperinaker Dra. R. Amina Racmawati. Ia merespon baik harapan Bupati sesuai dengan tujuan pembangunan Bangkalan, yakni menjadikan kota industri. "Yang mendasar adalah meningkatkan kembali para pelaku usaha UMKM, di mana yang perlu ditingkatkan kualitasnya SDM dan produknya," ungkapnya. (uzi/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO