Awali Napak Tilas Resolusi Jihad, Prabowo-Sandi Ziarah ke Makam Pendiri NU KH. Hasyim Asy'ari

Awali Napak Tilas Resolusi Jihad, Prabowo-Sandi Ziarah ke Makam Pendiri NU KH. Hasyim Asy foto: RONY SUHARTOMO/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengawali napak tilas resolusi jihad dengan berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari di Jombang. Pasangan nomor 2 ini juga sempat berdiskusi dengan cucu tokoh pendiri NU tersebut.

Rombongan Prabowo-Sandiaga tiba di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang sekitar pukul 08.55 WIB. Mereka disambut pengasuh pesantren KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Tampak mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie menemani Prabowo dan Sandiaga.

Baik Prabowo maupun Sandiaga, sempat menggelar pertemuan secara tertutup dengan Gus Sholah di dalem kasepuhan PP Tebuireng. Baru sekitar pukul 09.40 WIB, mereka mengawali napak tilas amanah resolusi jihad dengan nyekar ke makam KH Hasyim Asy'ari.

Ulama yang kerap disapa Mbah Hasyim itu merupakan tokoh pendiri ormas NU. Selain itu, kakek Presiden RI ke-4 itu juga pencetus resolusi jihad untuk melawan penjajah.

Sandiaga menjelaskan, pertemuannya dengan Gus Sholah salah satunya membahas upaya membekali para santri dengan ilmu wirausaha. Dengan begitu, para santri akan bisa hidup mandiri setelah lulus dari pendidikan di pesantren.

"Agar santri-santri kita keluar dari pendidikan di pondok pesantren mempunyai kemandirian dan kemampuan menciptakan lapangan pekerjaan," terangnya.

Tak hanya itu, Wagub DKI Jakarta nonaktif ini ingin kalangan santri menjadi lokomotif pembangunan di Indonesia. "Tadi Gus Sholah mengingatkan di hari santri ini kita perkuat komitmen untuk menjadikan santri sebagai lokomotif pembangunan kita ke depan," tandasnya.

Usai berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari, Prabowo dan Sandiaga menuju ke lapangan parkir wisata religi Makam Gus Dur. Di tempat ini mereka menggelar apel napak tilas amanah resolusi jihad.

Usai dari makam Gus Dur, rencananya Prabowo dan Sandiaga akan menggelar konvoi jeep menuju ke makam KH Bisyri Syansuri di PP Denanyar dan ke makam KH Wahab Hasbullah di PP Tambakberas. Perjalanan napak tilas resolusi jihad mereka akan diakhiri di Tugu Pahlawan, Surabaya. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO