Dinkes Catat 276 Warga Pamekasan Positif Terjangkit Kusta

Dinkes Catat 276 Warga Pamekasan Positif Terjangkit Kusta Ilustrasi.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan telah mencatat sebanyak 276 warga pamekasan positif penderita penyakit kusta.

Penyakit yang tidak hanya merusak kulit, tapi bisa dengan cepat merusak saraf, anggota gerak tubuh, dan mata hingga menyebabkan kecacatan tersebut telah merambah ke beberapa kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Ismail Bey mengatakan, penyakit tersebut mulai menyebar di beberapa kecamatan termasuk Kecamatan Galis yang sebelumnya tidak pernah ditemukan penderita kusta.

"Setiap kecamatan sudah terjangkit kusta, terbanyak yaitu Kecamatan Pasean dan Batumarmar," ungkapnya, Kamis (11/10).

Banyaknya masyarakat yang masih belum memahami betul bagaimana penyakit kusta serta cara pencegahannya menjadi salah satu penyebab menyebarnya penyakit kusta tersebut.

"Jadi penyakit kusta mudah menular kepada orang-orang yang berada di sekitarnya jika ada kontak fisik," tambahnya

Pihaknya akan mengupayakan untuk memberikan pemahaman pada masyarakat agar tahu apa itu kusta, cara penyebaran, beserta pencegahannya agar penyakit berbahaya tersebut bisa segera di atasi.

"Jadi, jangan menunggu hingga penyakit kusta itu parah, baru melapor, karena penyakit kusta itu harus segera ditangani," tutupnya.

Perlu diketahui penyakit lepra atau kusta adalah penyakit infeksi kulit kronis yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium leprae. Infeksi ini biasanya menyerang saraf tepi dan kulit, saluran pernafasan atas, dan bisa juga menyerang organ lain kecuali otak. (err/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO