Begini Cara Atlet Downhill asal Malang Selamat dari Bencana di Palu

Begini Cara Atlet Downhill asal Malang Selamat dari Bencana di Palu Ismail Nurdin saat berada di rumahnya.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Pembalap sepeda Downhill asal Kota Malang yang akan berlaga di Kota Palu Sulawesi Tengah Jumat lalu ini luput dari bencana gempa dan tsunami. Mereka bersama satu rekannya merasa bersyukur setelah tertahan di hutan tanpa perbekalan yang kemudian bisa pulang ke Kota Malang dengan selamat.

Meski masih trauma, namun Ananda Bagus dan Ismail Nurdin Anshori, dua di antara puluhan atlet balap sepeda Downhill yang akan berlomba dalam ajang Downhill Palu Nomoni Selena 2018, nampak mulai bisa tersenyum, setelah selama empat hari pasca bencana gempa dan tsunami di Palu Jumat pekan lalu.

Mereka berdua yang berada di lokasi kejadian mengaku, sangat bersyukur meski harus berlari dari hotel tempat mereka menginap untuk menuju hutan yang berada di bukit sejauh 1 kilometer.

"Saat Gempa besar terjadi, kita pada berlari menuju ke hutan tanpa membawa bekal apapun. Begitu gempa usai, baru kita turun bukit dan kembali ke hotel untuk mengambil barang-barang seperti handphone, baju, dompet dll," ungkap Ismail

Tapi apa yang terjadi, saat mereka kembali ke hotel itulah beberapa warga di sana meneriaki bahwa air sedang surut. Itu sebagai tanda bahwa air akan datang kembali. Betul juga, air pun saat itu naik dan terjadi tsunami di belakang mereka.

"Melihat hal itu, kami pun berlarian sekencang dan sekuat tenaga menuju ke bukit lagi. Hutan berbukit itulah yang menurut kami tempat yang paling aman untuk berpijak. Meski longsor juga kita rasakan hingga waktu Subuh," tambahnya.

Akhirnya, mereka turun setelah tsunami selesai dengan minta bantuan warga setempat setelah bertahan di hutan selama 14 jam di hutan. Beruntung bagi kedua atlet ini, setelah turun dari bukit dengan ditolong warga. 

Tak lama kemudian, ada kabar pesawat Herculles yang akan terbang ke Malang, dan pada akhirnya pesawat milik TNI AU itulah yang membawa mereka menuju Lanud Abdul Rahman Saleh Malang dengan selamat. (thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO