Ketua Bawaslu Situbondo Ajak Jajarannya Pegang Teguh Nilai Pancasila

Ketua Bawaslu Situbondo Ajak Jajarannya Pegang Teguh Nilai Pancasila Bawaslu Situbondo saat upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Ketua , Murtapik, S.Sos mengajak seluruh jajaran pengawas pemilu di Situbondo dalam melaksanakan tugas berpegang teguh pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Hal itu disampaikan di depan jajaran pengawas saat melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018, Senin (1/10) di halaman kantor .

"Bawaslu ini salah satu instrumen penting dalam melahirkan kepemimpinan, maka dalam melakukan kerja kepengawasan, kami mengajak seluruh pengawas di Situbondo melaksanakan tugas sesuai dengan undang-undang kepemiluan, dengan tetap berpegang teguh pada Pancasila," katanya.

Menurut Pria asal Madura ini, bahwa Pancasila telah menjadi pemersatu bangsa secara utuh, memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masyarakat. Selain itu, menurutnya nilai-nilai Pancasila telah membawa masyarakat semakin matang dalam pendidikan politik.

"Pancasila telah membawa masyarakat semakin matang berpolitik, itu sudah kita buktikan dalam pemilu lalu. Ini kan juga menepis isu soal kurangnya perhatian kita terhadap Pancasila sejak lahirnya reformasi 1998," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengajak semua pengawas pemilu di Situbondo menjadi bangsa unggul, mampu menjaga karakter dan jati diri bangsa tanpa harus menghilangkan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa lain, sekaligus mampu mengaktualisasikan makna yang terkandung dalam Pancasila sesuai dengan perkembangan jaman.

"Kalau itu kita amalkan, Pancasila akan menjadi sistem nilai yang hidup. Mari hari Kesaktian Pancasila ini dijadikan upaya melestarikan, mengamankan, mengembangkan, dan mempromosikan Pancasila semagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," pinta pria yang akrab disapa Lopa ini.

Ia menjelaskan bahwa, kehadiran Bawaslu dan aparaturnya mempunyai peran yang sangat strategis dalam menentukan masa depan bangsa. Pasalnya, Bawaslu lah yang diberi mandat untuk memastikan proses rekrutmen kepemimpinan bangsa melalui pemilihan umum sesuai dengan peraturan yang berlandaskan Pancasila.

"Mari bangun bangsa ini dengan kerja keras dan kerja cerdas serta komitmen yang tinggi berlandaskan Pancasila. Jadikan Pancasila sebagai sumber nilai dan ideologi bangsa serta pondasi negara, demi mewujudkan Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera termasuk dalam menyelenggarakan tahapan pemilihan umum 2019," pungkasnya. (mur/had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO