​ Dijanjikan Menjadi CPNS, Warga di Kediri Tertipu Jutaan Rupiah


KEDIRI – (BangsaOnline)

Musim pendaftaran CPNS, modus penipuan dengan mengaku bisa menjadikan PNS (pegawai negeri sipil) kembali terjadi di wilayah hukum polres Kediri kota. Kali iniyang menjadi korban adalah Sutarto (39) warga Desa Nambaan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Peristiwa bermula akhir bulan Oktober 2013 lalu, korban bertemu dengan Slamet Purnomo (42) warga kelurahan Balowerti Kota Kediri di salah satu warung kopi di Kota Kediri. Dalam perbincangan keduanya, pelaku yang mengaku sebagai tim sukses mantan Walikota Samsul Ashar menawarkan pekerjaan kepada korban sebagai CPNS di Satpol PP Kota kediri.

Pelaku pun kemudian meminta sejumlah uang secara berkala hingga total mencapai Rp 9.300.000. Setelah uang terkumpul, korban tak juga diangkat menjadi CPNS. Merasa ditipu, korban berusaha meminta uang, namun pelaku selalu janji dan janji, hingga akhirnya melaporkan pelaku ke polisi.

Kasubag humas Polres Kediri Kota AKP Budi Naryanto mengatakan, pihaknya masih memeriksa saksi dan korban guna proses hukum lebih lanjut. "Kami masih memeriksa sejumlah saksi dan juga mengumpulkan bukti guna menangkap pelaku," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan iming-iming bisa memasukkan seseorang menjadi CPNS, sebab untuk bisa menjadi CPNS, peserta harus menjalani tes. "Sudah sering kali modus penipuan seperti ini. Untuk itu, kami menghimbau agar masyarakat tidak mudah percaya, jika diiming-imingi seseorang menjadi CPNS atau pekerjaaan apapun, apalagi harus membayar sejumlah uang," imbaunya.

Budi menambahkan, pihaknya juga sudah mengamankan 4 lembar surat dari pemkot kediri, 1 lembar pernyataan dan juga 1 lembar kwitansi pembayaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO