Diawali Senam Massal, Bawaslu Situbondo Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2019

Diawali Senam Massal, Bawaslu Situbondo Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2019 Bawaslu Situbondo saat menggelar Deklarasi Kalah Terhormat, Menang Bermartabat, di Alun-alun Situbondo. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, Minggu (23/9) menggelar deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 yang bertema "Deklarasi Kalah Terhormat, Menang Bermartabat", di Alun-alun Situbondo.

Deklarasi itu digelar dengan harapan seluruh peserta Pemilu 2019 di Situbondo menjaga kondusivitas, agar pelaksanaan tahapan pemilu tetap damai, terutama dalam pelaksanaan kampanye yang cukup panjang.

"Kita adakan deklarasi ini agar pelaksanaan pemilu 2019 yang sudah memasuki masa kampanye berjalan aman dan damai di Kabupaten Situbondo. Temanya kalah terhormat dan menang bermartabat," kata Ketua , Murtapik, S.Sos.

Ia menjelaskan, pertama, kalah terhormat itu diharapkan peserta pemilu menyadari bahwa, kekalahan itu sudah bagian dari kehendak tuhan dan bagian dari kehendak rakyat yang harus diterima oleh peserta pemilu.

"Itu pertama dan sifatnya keluar mas. Yang kedua itu sifatnya kedalam yaitu kepada penyelenggara pemilu terutama kepada pengawas pemilu, agar memastikan mereka yang kehendak tuhan dan rakyat tersebut benar-benar dijaga, artinya jangan sampai yang kalah dimenangkan dan yang menang dikalahkan," terangnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Lopa ini optimistis, ketika model seperti itu yang diberikan oleh para penyelenggara pemilu, maka proses penyelenggaraan pemilu di Situbondo hanya akan berakhir di meja Komisi Pemilihan Umum (KPU), tidak akan ada lagi masuk ke meja DKPP dan Mahkamah Konstitusi (MK) karena merasa ada yang tidak puas dan dicurangi.

“Ayo raih kemenangan secara bermartabat, dan bagi yang kalah nanti kalah secara terhormat. Untuk memastikan ini semua, maka ini tugas para pengawas pemilu dengan cara memastikan seluruh proses penyelenggaraan pemilu sesuai dengan peraturan perundang-undangan," pungkasnya.

Sementara Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, mengapresiasi atas terselenggaranya deklarasi damai Pemilu 2019. Menurutnya, masyarakat Situbondo sudah teruji kedewasaannya dalam berdemokrasi. Ia juga berharap kepada seluruh penentu kebijakan agar menjadi pihak yang objektif dapat menjalankan tugas-tugasnya secara profesional.

“Setiap individu itu kan punya selera yang berbeda-beda, menurut saya tidak ada tugas yang diberikan tidak untuk kemaslahatan masyarakat. Namun ketika menjalankan tugas untuk rakyat, selera individu tersebut harus dilepas, kita profesional, sehingga pemilu tersebut dihasilkan dari proses yang jujur, adil dan prinsip-prinsip demokrasi lainnya," terangnya.

Pantauan di lapangan, acara deklarasi dihadiri Bupati Situbondo, Kapolres Situbondo, Dandim Situbondo, Kajari Situbondo dan dari partai politik. Deklarasi ini didahului dengan senam masal di alun-alun Situbondo, setelah berolahraga, mereka sepakat menjaga suasana damai selama masa kampanye. Poin lain yang diikrarkan adalah menolak segala bentuk kampanye hitam dan hoax. (mur/had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO