Peringati HUT ke-61, PT Semen Indonesia Gelar Mural Fest Tuban 2018

Peringati HUT ke-61, PT Semen Indonesia Gelar Mural Fest Tuban 2018 Peserta memural dinding milik PT Semen Indonesia di pabrik Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - (Persero) Tbk menggelar lomba mural atau lomba melukis di dinding yang diikuti oleh peserta berbagai daerah dan warga sekitar Pabrik Tuban, Minggu (16/9). Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-61 Semen Indonesia dan HUT ke-73 Republik Indonesia.

Kegiatan ini mengusung tema "Melalui Seni, Bersama Membangun Negeri Menjadi Bangsa yang Kokoh, Kuat dan Mandiri''. Tujuannya untuk menggali bakat, minat, dan juga mengenalkan kepada masyarakat luas. Terutama terkait, seni mural yang tidak hanya bernilai negatif, namun mempunyai manfaat positif bilamana diberikan ruang untuk mengekspresikannya.

“Menangkap sisi positif itu, Semen Indonesia memberikan peluang melalui kegiatan lomba mural ini dengan memberikan media yaitu di bagian luar dinding ruas jalan Pabrik Tuban, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban,” ujar Kepala Biro Hubungan Media Semen Indonesia, Sigit Wahono dalam keterangan releasenya, Rabu (19/9).

Menurutnya, lomba ini mendapat perhatian khusus dari seniman mural, baik dari dalam maupun luar Kabupaten Tuban, seperti dari Rembang, Blora, Bojonegoro, dan Lamongan. Terbukti, sebanyak 85 kelompok peserta yang ikut mendaftar dalam kegiatan tersebut, namun hanya 40 kelompok peserta yang lolos verifikasi panitia dalam ajang tersebut.

Total peserta ada 85 kelompok, dengan rinciang 53 kelompok Kategori Umum dan 32 kelompok Kategori Pelajar. Akan tetapi, setelah verifikasi oleh panitia akhirnya hanya terpilih 27 kelompok Kategori Umum dan 13 kelompok Kategori Pelajar yang lolos menjadi peserta.

“Sedangkan, kriteria penilaian dalam lomba adalah kerjasama tim, keindahan dan kerapian, kesesuaian dengan tema, kreativitas, kebersihan karya, serta kesamaan antara konsep dan gambar,’’ terang imbuh Sigit sapaan akrabnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO