Minggu, 21 April 2019 16:00

Peringati HUT ke-61, PT Semen Indonesia Gelar Mural Fest Tuban 2018

Rabu, 19 September 2018 17:05 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Suwandi
Peringati HUT ke-61, PT Semen Indonesia Gelar Mural Fest Tuban 2018
Peserta memural dinding milik PT Semen Indonesia di pabrik Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menggelar lomba mural atau lomba melukis di dinding yang diikuti oleh peserta berbagai daerah dan warga sekitar Pabrik Tuban, Minggu (16/9). Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-61 Semen Indonesia dan HUT ke-73 Republik Indonesia.

Kegiatan ini mengusung tema "Melalui Seni, Bersama Membangun Negeri Menjadi Bangsa yang Kokoh, Kuat dan Mandiri''. Tujuannya untuk menggali bakat, minat, dan juga mengenalkan kepada masyarakat luas. Terutama terkait, seni mural yang tidak hanya bernilai negatif, namun mempunyai manfaat positif bilamana diberikan ruang untuk mengekspresikannya.

“Menangkap sisi positif itu, Semen Indonesia memberikan peluang melalui kegiatan lomba mural ini dengan memberikan media yaitu di bagian luar dinding ruas jalan Pabrik Tuban, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban,” ujar Kepala Biro Hubungan Media Semen Indonesia, Sigit Wahono dalam keterangan releasenya, Rabu (19/9).

Menurutnya, lomba ini mendapat perhatian khusus dari seniman mural, baik dari dalam maupun luar Kabupaten Tuban, seperti dari Rembang, Blora, Bojonegoro, dan Lamongan. Terbukti, sebanyak 85 kelompok peserta yang ikut mendaftar dalam kegiatan tersebut, namun hanya 40 kelompok peserta yang lolos verifikasi panitia dalam ajang tersebut.

Total peserta ada 85 kelompok, dengan rinciang 53 kelompok Kategori Umum dan 32 kelompok Kategori Pelajar. Akan tetapi, setelah verifikasi oleh panitia akhirnya hanya terpilih 27 kelompok Kategori Umum dan 13 kelompok Kategori Pelajar yang lolos menjadi peserta.

“Sedangkan, kriteria penilaian dalam lomba adalah kerjasama tim, keindahan dan kerapian, kesesuaian dengan tema, kreativitas, kebersihan karya, serta kesamaan antara konsep dan gambar,’’ terang imbuh Sigit sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perekonomian Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya yang turut hadir mewakili Pemkab Tuban mengapresiasi kegiatan lomba mural yang dilaksanakan oleh Semen Indonesia.

Sebagian besar peserta mengambil konsep batik, sehingga melalui kegiatan ini juga dapat mengenalkan kepada masyarakat tentang budaya Tuban, yakni batik dalam media yang lain.

“Kalau biasanya, batik dituangkan di atas kain, kali ini medianya menggunakan tembok. Dengan begini masyarakat Tuban akan lebih mengenal budaya khususnya seni batik, karena tembok berada di tepi jalan desa sehingga akan sering dilewati oleh warga sekaligus bisa menikmati keindahan lukisan batik tersebut,” tandasnya.

Diketahui, penilaian dalam lomba mural ini dilakukan oleh Tim Juri yang terdiri dari Dinas terkait, Dewan Kesenian Tuban serta dari Semen Indonesia. Dalam Kategori Umum, Juara Best Performance diraih oleh Kelompok Marimas-U2 dari Tuban.

Sedangkan untuk Best Technique dimenangkan Kelompok SEMUR-U20 dari Rembang, Best Artistic Culture diraih Kelompok Duo Kwek-kwek - U6, dan Best Teamwork oleh Kelompok Art Kid - U3.

Dalam Kategori Pelajar, juara Best Performance dimenangkan oleh Kelompok Starlight - P5 dari SMKN 2 Tuban, sedangkan Best Technique oleh Kelompok Triwikrama - P1 dari SMAN 1 Rengel, dan Best Artistic Culture oleh Kelompok Srikandi - P6 dari SMKN 2 Tuban. Dalam lomba mural ini, Semen Indonesia menyediakan total hadiah sebesar Rp. 20 juta beserta trophy dan piagam. (wan/dur)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...