Ubaya Gelar Lomba Desain Kendaraan Antimacet

Ubaya Gelar Lomba Desain Kendaraan Antimacet Peserta lomba menunjukkan desain kendaraan karyanya.

SURABAYA (bangsaonline) - Program Studi Teknik Manufaktur Universitas Surabaya menyelenggarakan Product Design Contest (PDC) dengan tema Mass Public Transportation. PDC merupakan perlombaan Desain Produk tingkat nasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

Sesuai dengan keilmuan Teknik Manufaktur, yaitu perancangan produk, perancangan proses dan sistem produksi, maka lomba ini tidak hanya melihat segi estetika saja, melainkan mengutamakan segi fungsi (fungsional), keterbuatan, ergonomi, safety, maintenance, dan manajemen dari produknya.

Adapun beberapa prototype produk kategori SMA dan perguruan tinggi yang dipamerkan sekaligus dinilai. Di antaranya adalah perahu karet (hovercraft) di jalur sungai, motor in shuttle train, kereta gantung BNN, kereta panel surya sebagai alternatif penghemat bahan bakar, maglev train, dan lain-lain.

Menurut Hayuning Purnama Dewi, salah satu juri dalam lomba PDC, walau masih prototype, peserta mampu menampilkan data tentang kondisi nyata transportasi di Surabaya sehingga masyarakat menjadi lebih terbuka wawasannya dan tentunya prototype ini diharapkan mampu menjadi salah satu solusi permasalahan transportasi.

“Dengan diadakannya PDC diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk-produk dalam negeri dengan memunculkan desainer muda yang kreatif dan inovatif, sehingga memiliki daya saing yang baik bagi Indonesia. Dan yang terpenting adalah, semoga desain-desain tersebut dapat direalisasikan di Surabaya sehingga kemacetan teratasi,” ujar Sunardi Tjandra ST MT, Ketua Dewan Juri PDC 2014

Sumber: Harian Bangsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO