Mahasiswi Ubaya Ciptakan AKO, Olahraga untuk Terapi Akunpuntur

Mahasiswi Ubaya Ciptakan AKO, Olahraga untuk Terapi Akunpuntur Meliyanti, saat mendemonstrasikan AKO-nya. foto: devi fitri/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meliyanti, mahasiswi Jurusan Desain dan Manajemen Produk Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (Ubaya), berhasil menyelesaikan tugas akhirnya dengan menciptakan alat bernama Akupuntur Olahraga (AKO).

AKO diciptakan spesifik untuk gerakan sit up dan push up yang merupakan latihan otot dada dan perut, yang bermanfaaat untuk mengingkatkan kebugaran tubuh manusia dan membakar kalori.

“Dengan alat ini, kita bisa melakukan sit up dan push up sekaligus menikmati terapi akupunktur, karena AKO memiliki tonjolan-tonjolan tertentu yang berfungsi untuk memijat dan melancarkan aliran darah,” kata Meliyanti.

AKO merupakan hasil produk dari skripsi Meliyanti yang berjudul Perancangan Street Furniture Studi Kasus Taman Kota di Surabaya. Selain bermanfaat sebagai alat olahraga sekaligus terapi akupuntur, AKO juga didesain sebagai sarana olahraga umum yang ditempatkan di taman kota, untuk meningkatkan minat masyarakat mengunjungi taman kota untuk berolahraga.

Meliyanti membuat tugas akhir ini karena ingin membuat sarana olahraga yang baik, mudah dimengerti masyarakat dan jauh dari penyimpangan vandalisme masyarakat yang bersifat negatif seperti pengerusakan, pencurian dan penyalahgunaan.

“AKO ini berawal saat saya ingin diet, olahraga indoor membuat saya bosan, saat olahraga ke taman kota Surabaya beberapa alat olahraga yang saya temui sudah rusak, seperti kayuh sepeda yang sudah tak normal lagi, beberapa bagian alat olahraga yang rusak dan hilang, hal itu membuat saya tergugah untuk membuat inovasi” jelas perempuan asli Surabaya.

“Agar jauh dari penyimpangan vandalisme yang bersifat negatif, AKO dipasang dengan teknik footplate kontruksi beton permanen,” tambahnya.

Mahasiswi cantik ini menjelaskan cara menggunakan AKO, yaitu apabila ingin melakukan sit up, maka posisikan tubuh dengan posisi duduk, kedua lulut dilipat dan jejakkan kaki pada handleyang telah disediakan, lipat kedua tangan dan posisikan di belakang kepala, posisikan bagian punggung pada posisi tidur, tarik badan ke depan hingga dada menuju arah lutut, dilakukan secara berulang-ulang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO