Pakde Karwo Raih Penghargaan KDI di Makassar

Pakde Karwo Raih Penghargaan KDI di Makassar Pakde Karwo saat mengangkat penghargaan KDI.

MAKASSAR, BANGSAONLINE. com - Keberhasilan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo dalam memimpin Jatim selama dua periode, mendapatkan perhatian dari Koran Sindo. Pakde Karwo diberikan penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif kategori Lifetime Achievement.

Penghargaan diserahkan Dirut Koran Sindo Sururi Al Faruq kepada Pakde Karwo, sapaan Gubernur Jatim pada acara Penyerahan Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2018 di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Kamis (30/8).

Selama kepemimpinannya, Pakde Karwo berhasil dalam menurunkan kemiskinan di Jatim melalui berbagai inovasinya di antaranya melalui program Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin Kesra), dan Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra). Program tersebut menjadikan masyarakat miskin lebih berdaya dan sejahtera.

Sementara itu, saat menjawab pertanyaan media terkait penghargaan KDI, Pakde Karwo menjelaskan, penghargaan ini bertujuan agar para kepala daerah melakukan berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pakde Karwo mencontohkan inovasi tersebut bisa dilakukan melalui berbagai cara misalnya mencari alternatif bahan baku yang selama ini masih didatangkan dari impor.

“Impor tersebut yang terus menjadi beban. Dengan ikut sertanya Koran Sindo mendorong kepala daerah berinovasi memberikan dampak positif juga bagi masyarakat. Hal ini harus mendapat dukungan karena demokrasi meletakkan media sebagai tiang keempat dalam memberikan proses keputusan yang bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Gubernur Jatim menambahkan, dengan adanya penghargaan KDI, juga mengajak kepala daerah mempunyai jiwa enterpreunership. Kepala daerah secara tidak langsung juga diajak mendorong produk daerah memiliki kualitas dan bagus, khususnya sektor UMKM. Kepala daerah bisa melakukan pelatihan SDM sehingga semua produk wilayahnya bisa menembus produk ekspor luar negeri maupun dalam negeri.

”Dengan memiliki jiwa enterpreunership, para kepala daerah secara tidak langsung juga berupaya berinovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Dirjen Otda Kemendagri yang sekaligus Pj Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Sony Sumarsono juga menyebut Pakde Karwo sebagai sosok yang luar biasa. Dengan prestasi yang luar biasa, yaitu meraih Sembilan kali beruturut turut meraih WTP dan dua kali Jatim meraih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha menjadi penilaian tersendiri.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO